oleh

Dukungan Ke Anis Makin Kokoh Usai Piagam Tiga Partai Ditandatangani

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Satu lagi batu pijak penting tercapai. Tiga partai politik yang telah memberikan dukungan resmi mencalonkan Anies Baswedan sebagai Calon Presiden 2024-2029, telah menandatangani dokumen kesepakatan yang diberi nama “Piagam Kerjasama Tiga Partai.

Piagam di tandatangani Ketua Umum ketiga partai pengusung. Partai Nasdem diwakili Surya Paloh, Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

“Kami telah mencapai kesepakatan untuk secara bulat menetapkan saudara H. Anies Rasyid Baswedan, sebagai Calon Presiden 2024-2029,” demikian isi salah satu butir dari piagam tersebut.

Penandatangan Piagam ini merupakan bentuk komitmen dari ketiga parpol, sekaligus menjadi ikatan formal kesepakatan ketiganya untuk mengusung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden pada Pemilu 2024.

“Kesepakatan ini didasari rasa tanggung jawab untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat yang menginginkan Indonesia lebih baik,” jelas Willy Aditya, wakil Partai Nasdem dalam tim kecil.

Ia mengutip pembukaan Piagam pada dialog dengan media Jumat, 24 Maret 2023. Piagam Koalisi berisi enam butir kesepakatan. Masing-masing membentuk koalisi dengan nama Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

baca juga : Sejumlah Tokoh Nasional Bicara Ketum Partai Capres 2024 di Forum Demokrasi Pasifik Resources

‘’Mengusung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden 2024-2029. Memberi mandat kepada Calon Presiden untuk memilih Calon Pasangannya. Keempat memberi keleluasaan kepada Calon Presiden untuk berkomunikasi dengan Partai Politik lainnya dalam rangka memperluas basis dukungan,” ujar Willy dalam siaran pers yang diterima redaksi, Jumat (24/3/2023).

Selanjutnya isi piagam lainnya yakni membentuk sekretariat yang merupakan kelanjutan dari Tim Persiapan (Tim Kecil), dan terakhir pada waktunya mengumumkan Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden.