oleh

Event Nasional “Monaco 2023” Kembali Hadir Untuk Pelajar Indonesia

YOGYAKARTA, koranmakassarnews.com — MONACO atau Moehi National Competition adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Tahun 2023 merupakan tahun yang ke-8 dalam penyelenggaraan event nasional ini.

Menurut ketua tim guru pendamping kegiatan Edo Lestari, S.Pd, acara ini merupakan serangkaian lomba yang ditujukan kepada siswa/i SMP dan SMA sederajat dari seluruh Indonesia. Diharapkan MONACO 2023 bisa menjadi ajang dan wadah yang positif bagi para pelajar di seluruh Indonesia untuk mencapai titik kejayaannya sebagai seorang generasi muda sekaligus generasi penerus bangsa. Tahun 2023 ini MONACO diselenggarakan secara gabungan dengan konsep online-offline.

Pada tahun 2022 lalu MONACO ke-7 telah berhasil mengadakan 17 cabang lomba dengan total 1100 peserta jenjang SMP/SMA sederajat dari seluruh Indonesia. Tema MONACO ke-8 tahun 2023 ini adalah “An Adventure Beyond The Horizon”

SMA MUHI Yogyakarta

“MONACO 2023 ini ditargetkan diikuti minimal 1200 pelajar dari seluruh Indonesia. Ada 17 cabang lomba yang bisa diikuti oleh peserta. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 10 Juli 2023 – 1 September 2023. Lomba akan dilaksanakan pada 9-10 September 2023” paparnya.

Adapun berbagai lomba itu diantaranya adalah : Olimpiade Matematika, Dai Muda, Story Telling, Debat Bahasa Indonesia, Olimpiade IPS, Fotografi, Olimpiade IPA, Speech, Story Telling, Tapak Suci, MLBB, Basket, Kompetisi Band, MTQ, MHQ, CCAI, Lintas alam/jelajah, dan lomba Cipta Puisi.

Lomba ini memperebutkan hadiah jutaan rupiah dan tropy bergilir dari Kemendikbud Ristek RI, Kemenpora RI dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah. “Untuk menyiapkan SDM yang unggul di era industri 4.0 SMA Muhi telah memberikan wadah kompetisi yang positif bagi para pelajar untuk berkarya dan meraih prestasi. Adanya MONACO ini juga dapat sebagai wadah untuk menguatkan tali silaturahmi dan membiasakan tradisi kompetisi bagi para pelajar Indonesia.”tutur Herynugroho, Kepala SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

baca juga : Pembekalan ISMUBA SMA MUHI Bersama Bangun Kesuksesn yang Holistik dan Integratif

Kepala sekolah juga menyampaikan bahwa Kompetisi MONACO 2023 yang diikuti oleh peserta dari berbagai daerah akan sangat bermanfaat untuk seorang pelajar. Mengutip pernyataan dari Craig Dike seorang ahli psikolog klinis di Doctor on Demand San Francisco USA menyatakan bahwa sebuah kompetisi dapat mendorong segala spesies untuk bisa bertahan hidup, dan kondisi ini akan mendorong evolusi secara biologis dan psikologis.

“Kompetisi memang sangat diperlukan di dalam hidup agar kita terus maju ke depan menciptakan berbagai inovasi yang menakjubkan. Kompetisi juga bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak dan produktivitas kita dalam belajar. Terakhir, kompetisi juga melatih kita untuk memiliki jiwa sportivitas dan memiliki kepekaan sosial yang tinggi” pungkasnya.

Bagi calon peserta lomba bisa membaca petunjuk teknis pada link https://bit.ly/PetunjukTeknisLombaMONACO8 dan mendaftarkan diri secara online melalui https://monaco.smumuhi-yog.sch.id/ dan untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi 088983875341 (Syafwana Muhan). Panitia juga menerima berbagai macam bentuk kerjasama dan media pathner untuk mendukung kesuksesan acara ini. Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk pelajar Indonesia. (*)

Penanggung jawab berita : Yusron Ardi darmawan, M.Pd