oleh

Fokus Masalah Lingkungan Karang Taruna Tompo Balang Akan Selalu Bersinergi Dengan Pemerintah

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Lingkungan suatu organisme adalah segala sesuatu yang hadir disekeliling organisma tersebut, yang berpengaruh terhadap eksistensi dari organisma yang bersangkutan.

Maka dari itu pentingnya menjaga lingkungan dimana tempat kita tinggal, karena akan mempengaruhi kualitas hidup kita.

Ketua Karang Taruna Tompo Balang, Kecamatan Bontoala, Nurul Rahmatun Ummah menjelaskan, fokus terhadap masalah lingkungan menjadi salah satu program kerjanya.

Lanjutnya, mengingat wilayah Kelurahan Tompo Balang merupakan pasar tradisional terbesar di Kota Makassar yaitu pasar Terong. Dirinya mengerti betul stigma yang terbangun dalam masyarakat, bahwa daerah pasar identik dengan kumuh dan kotor.

“Sehingga saya menginginkan pengelolaan sampah dari hulu ke hilir seperti memisahkan sampah non organik dan organik,” jelasnya, Sabtu (27/01/2024).

baca juga : Ketua Satgas KT Sulsel Zulkifli Thahir Salut Akan Perjuangan Aliyah Mustika Ilham di Bidang Kesehatan

Ia pun menambahkan, sampah di Pasar Terong bisa dibedakan menjadi dua jenis non organik dan organik. Sehingga bisa diketahui pengelolaannya seperti apa.

Dia pun mencontohkan, sampah gelas pelastik, kardus dan kertas dapat didaur ulang menjadi barang kerajinan yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Sementara organik mampu dijadikan pupuk kompos yang dapat digunakan sendiri.

“Harapan saya seperti itu, Sabtu kemarin kami menanamkan pentingnya kebersihan dengan menggelar kerja bakti bersama,” pungkasnya. (*)