oleh

Gerakan Nasional BBI-BBWI Sukses Ajak UKM Naik Kelas Melalui Harvesting Day

JAKARTA, koranmakassarnews.com — Indonesia berpotensi menjadi basis ekonomi yang kuat dengan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) sebagai salah satu fondasi utamanya.
Hal ini karena jumlah UMKM Indonesia telah mencapai 64,2 juta unit yang berkontribusi terhadap 60,51% PDB dan mampu menyerap hampir 96,92% dari total tenaga kerja nasional.

Melihat krusialnya peran UMKM, Pemerintah Indonesia terus berupaya mendorong transformasi UMKM agar dapat beradaptasi dengan perkembangan dan naik kelas.

Sejalan dengan upaya tersebut, pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia (Kemenkomarves), Kementerian BUMN, dan Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selaku campaign manager menggelar kegiatan “Harvesting Day” sebagai acara puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) di Taman Fatahillah, Jakarta Barat (19/11).

Acara yang mengusung tema “Karya Jakarta untuk Indonesia Hebat” tersebut diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya penggunaan serta pengembangan beragam produk dan pariwisata di Indonesia melalui peningkatan kepercayaan diri bangsa terhadap potensi serta kualitas produk buatan dalam negeri.

Hal tersebut sejalan dengan Keputusan Presiden RI No. 15 Tahun 2021 Tentang Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia bahwa Gernas BBI diluncurkan untuk lebih mendorong penguatan pertumbuhan ekonomi nasional melalui penguatan usaha mikro, kecil, dan menengah termasuk industri kecil dan menengah.

baca juga : Rilis Terbaru Falcon Go Dari CrowdStrike Hadirkan Revolusi Keamanan Siber Bagi UKM

“Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah pusat maupun Pemprov DKI Jakarta dalam memberikan, mengembangkan, mempromosikan, produk buatan Indonesia, mudah mudahan tahun depan bisa dilaksanakan lagi di Jakarta menjelang ulang tahun Jakarta di tahun mendatang,” ujar Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

Untuk memberikan wadah pemasaran yang lebih luas sekaligus memeriahkan kegiatan tersebut, sebanyak 70 booth UMKM binaan Bank Indonesia, BUMN, dan Pemprov DKI Jakarta juga dihadirkan dalam pameran produk UMKM unggulan.

Tidak hanya itu, Harvesting Day ini juga sekaligus menjadi malam penganugerahan bagi para pemenang kompetisi yang telah diselenggarakan sebelumnya sebagai rangkaian Gernas BBI-BBWI, serta menyajikan panggung hiburan mulai dari pagelaran budaya tari daerah hingga penampilan artis ibu kota.