oleh

Gubernur Sulsel Jadi Narasumber Business Ghatering Bank Indonesia

koranmakassarnews.com — Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof HM Nurdin Abdullah, menjadi narasumber pada Business Ghatering Bank Indonesia (BI) melalui video conference, Kamis, 24 September 2020. Ia menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Bank Indonesia, yang telah mempersiapkan dan memfasilitasi kegiatan dengan tema Menciptakan Pertumbuhan Ekonomi Sulawesi Selatan untuk Indonesia Maju tersebut.

Ia menjelaskan, adanya Covid-19 yang secara luas melanda dunia, tentunya membawa pengaruh yang sangat besar dan berdampak luar biasa pada kehidupan sosial dan ekonomi di hampir semua negara. Ini menyebabkan perekonomian negara berada pada kondisi yang relatif cukup sulit. Demikian juga halnya di Indonesia, sehingga penanganan pandemi ini membutuhkan perhatian prioritas pemerintah baik pusat dan daerah.

“Dampak pandemi terhadap aktivitas ekonomi lebih dari yang diperkirakan dan pemulihannya diproyeksikan akan lebih bertahap dibandingkan estimasi sebelumnya. Sehingga memerlukan upaya yang sinergis dan terintegrasi oleh semua pihak secara bersama-sama untuk memaksimalkan kekuatan dan meredam semakin meluasnya penyebaran Covid-19 ini,” jelasnya.

Ke depan pasca pandemi, Gubernur berharap agar Sulsel dapat bangkit dan menjadi lokomotif perekonomian nasional, khususnya untuk Kawasan Timur Indonesia. Ditopang iklim investasi yang kondusif, dan semakin maksimalnya pelayanan pemerintah dari sisi proses perizinan dan layanan publik yang prima. Sulsel tampil sebagai daerah yang terbuka dan ramah investasi.

“Agar pertumbuhan ekonomi dapat kembali normal. Tentu kita gencar melaksanakan pembangunan berupa penyediaan infrastruktur yang memadai. Untuk menunjang kelancaran aktivitas arus barang dan arus jasa, serta aktivitas ekonomi masyarakat,” urainya.

Yang paling dekat yang bisa kita lakukan, kata Nurdin Abdullah, adalah pembangunan bandara dan beberapa ruas jalan untuk membuka daerah terisolir. Sehingga, dapat menghasilkan pusat-pusat perekonomian baru dan juga tujuan wisata.