oleh

Ikuti Sertifikasi Tembak Reaksi IPSC, Danyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel dinyatakan Lulus

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Pusat yang bekerja sama dengan Perbakin Provinsi Sulawesi Selatan, menggelar sertifikasi International Practical Shooting Confederation (IPSC) atau yang biasa disebut dengan tembak reaksi angkatan 179 dan 180 yang dilaksanakan di Lapangan Tembak Pallawa Polda Sulawesi Selatan. Sabtu ( 03/04/2021).

Pada kegiatan sertiikasi IPSC tersebut, para peserta diharuskan melewati serangkaian ujian dan tes ketrampilan menembak untuk bisa lulus ujian sertifikasi.

Komandan Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, AKBP Darminto, S.Sos berkesempatan mengikuti ujian sertifikasi tersebut. Sebelum tes menembak di lapangan, kegiatan sertifikasi diawali dengan pembukaan yang dibuka secara resmi oleh Kapolda Sulsel Irjen. Pol. Drs. H. Merdisyam, M.Si. yang juga merupakan Ketua Umum Pengurus Perbakin Provinsi Sulawesi Selatan, kemudian dilanjutkan dengan ujian tertulis dan Uji keterampilan dilaksanakan dihari kedua .

Kegiatan Sertifikasi yang dikendalikan langsung 2 Range Master Utusan dari PB Perbakin tersebut diikuti 13 utusan Kepolisian, 13 Sipil, dan 3 TNI terdiri dari perwakilan Perbakin Sulsel, Gorontalo dan Kendari. Selain AKBP Darminto, perwakilan dari Satbrimob Polda Sulsel yang juga mengikuti sertifikasi Tembak Reaksi Tersebut antara lain Brigpol Izwar Suyuti yang juga merupakan personel Batalyon A Pelopor,Brigpol Mardian Ismail, Syahrul, S.H dan Sardi Ahmad dari Detasemen Gegana.

Sebelum mengikuti ujian sertifikasi tembak reaksi, AKBP Darminto sudah berlatih intensif selama dua bulan didampingi sang pelatih Bripka Amiruddin yang merupakan pelatih menembak Batalyon A Pelopor yang sudah mengantongi Licensi B Nasional untuk kategory Pelatih tembak Sasaran, Dan hampir semua materi tembak reaksi yang diberikan bisa diserap dengan baik

Keikut sertaan Danyon Brimob Makassar ini sekaligus bisa memberi contoh kepada anak-anak muda, bahwa olahraga menembak sangat bermanfaat dan aman.

AKBP Darminto yang juga merupakan Ketua Komisi Pendidikan dan Pelatihan ( Diklat ) Pengprov Perbakin Sulsel ini mengungkapkan, Sertifikasi Ujian Tembak Reaksi ini merupakan agenda kegiatan dari bidang Tembak Reaksi Pengprov Perbakin Sulsel. Tujuan adalah untuk meningkatkan pemahaman dan aturan serta prosedur penggunaan senjata api genggam, juga yang tidak kalah pentingnya adalah keamanan (savety) didalam dan di luar lapangan tembak.