oleh

Intensitas Hujan Meninggi, Lurah Barana Imbau Masyarakat Bantaran Kanal Jagai Anakta’

MAKASSAR, koranmakassarnews.com – Mengantisipasi tingginya curah hujan sejak beberapa hari lalu, Pemerintah kelurahan Barana kecamatan Makassar, mengimbau kepada masyarakat khususnya di wilayah bantaran kanal agar senantiasa menjaga serta membatasi anaknya untuk bermain di sekitar kanal.

Lurah Barana Nurmia menyampaikan hal tersebut sebagai langkah pencegahan melihat debit air kanal yang terus naik akibat hujan lebat.

“Masyarakat khususnya di wilayah Kanal, jagai anak ta’, perhatikan anak anak ta’ jangan biarkan main di pinggir kanal, apalagi sampai mandi mandi di kanal.” ujar Lurah Barana Nurmia, Senin (10/2/2020).

Ia mengingatkan kembali kepada masyarakat peristiwa anak tenggelam di kanal beberapa waktu lalu, “Kita berharap insiden itu tidak terulang dan menimpa masyarakat.” ucapnya.

Untuk menjaga normalisasi aliran kanal dari tumpukan sampah kiriman, Nurmia juga memantau kebersihan kanal secara bertahap. Dengan 1 armada Dumptruk dan 4 petugas kebersihan motor roda tiga, Ia menjadwalkan pembersihan kanal dilaksanakan setiap hari.

“Kami dibantu armada kebersihan 1 Dumptruk dan 4 pengangkut sampah motor roda tiga yang tersebar di kelurahan Barana. Untuk kanal sendiri kita lakukan pembersihan secara bertahap. Intinya tidak boleh ada penumpukan sampah terjadi di kanal.” terangnya.

Intensitas hujan di kota Makassar mulai meninggi sejak tiga hari lalu, hujan deras mengguyur sejak pagi hingga malam hari. Hal ini mengakibatkan sejumlah wilayah terdampak genangan dan debet air kanal naik.

Laporan: Illo