oleh

Jadi Prajurit TNI AD, Asa 9 Pemuda Bajau Sultra

KENDARI, koranmakassarnews.com — Pada Penerimaan Calon Tamtama Prajurit Karir (Cara PK) Gelombang II TA. 2021,  dari 641 orang terdapat 9 orang pemuda Bajau yang menyambung asa jadi prajurit TNI AD. Hal ini dikatakan Plh Kapenrem 143/HO Letda Inf Rusmin Ismail dalam rilisnya, Kendari, Sultra, Sabtu (23/10/2021).

Rusmin jelaskan, kegiatan pemeriksaan dan pengujian (Rik/Uji) awal Cata PK Gelombang II ini akan dimulai pada hari Senin (25/10/2021).

“Hari ini 641 orang pemuda Sultra mengikuti pengecekan akhir menjelang Rik/uji yang akan dimulai pada hari Senin lusa,”ujar dia. Dari 641 orang itu, lanjut Rusmin, terdapat 9 orang pemuda Bajau.

“Perlu diketahui, di lingkungan Korem 143/Halu Oleo, prajurit dari suku Bajau masih dikatakan sedikit,”terang Rusmin. Sedangkan yang paling banyak menurutnya yaitu dari Buton (147 orang), Muna (143 orang), Bugis (117 orang), Tolaki (110 orang), Moronene (29 orang).

“Selain itu ada juga dari Wawonii, Jawa, Toraja, Ambon, Bali dan suku lainnya yang telah lama tinggal di Sultra, ini tentunya juga menggambarkan bahwa Sultra merupakan provinsi yang heterogen dan hidup berdampingan, rukun dan damai.”tambahnya.

Selain pembagian gelombang dan pengarahan kepada peserta seleksi, menurut Rusmin, juga dilakukan penandatangan Pakta Integritas.

“Ini penting, karena menjadi bagian jaminan atau garansi bagi peserta, orang tua mereka maupun kepada pimpinan TNI AD bahwa seleksi penerimaan prajurit dilaksanakan secara transparan, obyektif, jujur dan berkeadilan,”ujar Rusmin.

Senada disampaikan Rusmin, Kasipers Kasrem 143/HO Kol Arh Saptarendra katakan bahwa hingga saat ini pemuda Sultra dari Suku Bajau masih dikatakan sedikit.