oleh

Jadi Saksi Persidangan, Karaeng Gajang Akui Kutipan dan Sumber Berita Konferensi Pers

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Sidang gugatan perdata enam media kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Makassar, Kamis (14/7/2022). Sidang kali ini dengan agenda keterangan saksi dari pihak tergugat (enam media).

Adapun saksi yang dihadirkan adalah, Drs. HM Hatta Hamzah MM, Karaeng Gajang. Saksi merupakan salah satu narasumber dalam berita enam media yang diperkarakan pihak penggugat, dalam hal ini M Akbar Amir, yang mengklaim dirinya sebagi Raja Tallo ke-XIX.

Dalam sidang, Karaeng Gajang membenarkan bahwa berita yang dimuat enam media sebagai pihak tergugat merupakan hasil wawancara dalam acara konferensi pers.

Dia juga membenarkan pernyatanaannya dalam kutipan berita di enam media, terkait status M Akbar Amir sebagai Raja Tallo ke-XIX, meski dia meralat perihal tulisan yang menyatakan dirinya sebagai keturunan langsung sebagai Raja Tallo.

“Yang keliru itu hanya pada tulisan yang menyatakan saya sebagai keturunan langsung Raja Tallo. Kalau isi berita lainnya itu (kutipan) memang benar saya mengatakan seperti itu,” kata saksi Karaeng Gajang kepada Majelis Hakim.

Kasus Gugatan Enam Media di PN Makassar

Kemudian Majelis Hakim menunjukkan bukti printout berita yang disertakan sebagai surat bukti dari pihak penggugat. Saksi kembali membenarkan bahwa kutipan-kutipan dalam berita yang dimaksud adalah benar pernyataannya.

Kuasa hukum penggugat sendiri lebih banyak mempertanyakan soal pribadi saksi dan perosalan lain seputar adat kerajaan dan syarat tentang pengangkatan seorang Raja. Pertanyaan itu dilontarkan mengingat saksi juga mengaku sebagai salah satu Bate Salapang Kerajaan Gowa atau pihak yang berkewenangan mengangkat raja di lingkungan Kerajaan Gowa.

Namun kuasa hukum enam media tergugat keberatan, lantaran pertanyaan pihak penggugat dinilai sudah keluar dari konteks gugatan. Keberatan pihak tergugat pun diterima Majelis Hakim.

baca juga : Kasus Gugatan Enam Media, Saksi Sebut Akbar Dilantik Setelah Satu Abad Jabatan Raja Tallo Lowong

Sidang juga sempat riuh, setelah salah satu kuasa hukum M Akbar Amir selaku penggugat menanyakan perihal kehadiran saksi dalam acara Togasa atau pengukuhan M Akbar Amir sebagai Raja Tallo di Ballalompoa, namun saksi menyatakan dirinya tidak hadir.

Namun jawaban saksi tersebut memicu reaksi dari salah satu kuasa hukum penggugat. Dengan nada tinggi sambil menunjuki saksi, kuasa hukum penggugat meminta agar saksi tidak berbohong, karena menurutnya, saksi hadir di acara tersebut.