oleh

Kanwil Kemenkumham Sulsel Gandeng Empat Perguruan Tinggi

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulsel, Harun Sulianto bersama Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof. Dwia Aries Tina Pulubuhu, Direktur Politeknik Pertanian Pangkep (Politani Pangkep) Ir. Darmawan, Rektor Universitas Indonesia Timur (UIT) Dr. Andi Maryam, dan Institut Ilmu Kesehatan (IIK) Pelamonia Kesdam XIV/ Dr. Ruqaiyah menandatangani perjanjian di Bidang Kekayaan Intelektual.

Penandatanganan ini dirangkaikan pada kegiatan Workhsop dan Diseminasi Layanan Kekayaan Intelektual Paten di Hotel Gammara Makassar, Selasa (09/03/2021).

Kakanwil Harun mengatakan kerjasama ini merupakan upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat terutama kepada pemohon Kekayaan Intelektual.

“Apresiasi terhadap empat perguruan tinggi yang bekerjasama dengan Kanwil Kemenkumham Sulsel di Bidang Kekayaan Intelektual. Diharapkan kedepan berjalan dengan baik dan dapat mendorong peningkatakan pendaftaran Kekayaan Intelektual terutama Paten,” Kata Harun.

Sebelumnya juga, Kanwil Kemenkumham Sulsel telah bekerjasama dengan perguruan beserta instansi lainnya. “Tahun 2020 lalu ada 64 Pemohonan Paten dan 44 diantaranya dari Unhas. Kami berharap ini menjadi motivasi bagi pimpinan Perguruan Tinggi lainnya,” Harap Kakanwil.

baca juga : Kakanwil Kemenkumham Sulsel Buka Bimtek Kehumasan

Sementara itu, Rektor Unhas Prof. Dwia Aries Tina Pulubuhu mengungkapkan bahwa MoU ini akan menjadi media buat para dosen dan SDM di Perguruan Tinggi untuk lebih menjadi Inventor dan Inovator.

“Melalui MoU, Kita telah difasilitasi oleh Kemenkumham untuk menghasilkan inovasi yang dapat dipatenkan. Unhas telah mereformasi unit layanan hak kekayaan intelektual utk membantu para peneliti sehingga saat ini beberapa dosen telah melejiit karyanya. Unhas sampai saat ini telah mendaftarkan 321 produk inovasi Kekayaan Intelektual,” Ungkap Dwia ketika sambutan mewakili empat pimpinan Perguruan Tinggi.

Dwia juga mengungkapkan bahwa Kekayaan Intelektual dapat memberikan kemudahan bagi kita dalam menjalin kerjasama di bidang Industri sehingga Unhas sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang menandatangani MoU saat ini akan membangun model partnership yang lebih strategis. (*)