oleh

Kapolres Palopo Pimpin Rapat Koordinasi Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Alam

PALOPO, koranmakassarnews.com — Kepala Kepolisian Resor Palopo AKBP DR (C). H. Muh. Yusuf Usman SH., SIK., MT, Selasa (11/10/2022) memimpin langsung Rapat Koordinasi Kesiapsiagaan Penanganan atau Penanggulangan Bencana Alam di Kota Palopo. Bertempat di Aula Tantya Sudirajati Polres Palopo Kapolres Palopo didampingi Wakapolres Palopo AKBP Sanodding SH.

Diikuti Danramil Wara Kapten Inf Muh. Sukardi, Kepala BPBD Kota Palopo Drs. Burhan Nurdin, M.Si, Kabid Dinas Lingkungan Hidup Makmur, Dinas PUPR Kota Palopo Yafed Dendang, Dinas Sosial Kota Palopo, Dinas Kesehatan Kota Palopo, Manager PLN Kota Palopo, Para Kabag, Kasat, Kapolsek Jajaran, Kasi Polres Palopo dan jajaran.

“Ini sebagai upaya kolaborasi dan sinergi semua pihak, bencana menjadi urusan bersama, perlu kesadaran kolektif, dibutuhkan koordinasi agar penanganan banjir dan Longsor di Kota Palopo dapat lebih terintegrasi, “jelas Kapolres Palopo

Lebih lanjut Kapolres Palopo menyampaikan bahwa, pertama pemerintah harus fokus untuk mengurus para pengungsi, kedua para korban yang terjadi, luka-luka termasuk mereka yang mengalami masalah dan kesulitan seperti listrik, air bersih, dan lain-lainya.

baca juga : Safari Subuh, Kapolres Palopo Ajak Warga Menebar Kebaikan dan Syukur Nikmat

Sejumlah wilayah di Kota Palopo yang diprediksi akan terdampak hujan dengan intensitas tinggi hingga ekstrem. Oleh karena itu, kita hbergerak bersama dengan masyarakat untuk mempersiapkan segala sesuatu sebagai antisipasi kemungkinan bencana yang dapat berpotensi terjadi kembali. Sebagai upaya mengantisipasi potensi bencana Palopo telah menyiapkan Pos Penanggulangan Bnecana Alam dan jika dibutuhkan personil dan peralatan siap untuk dioperasikan.

Masing masing dinas terkait untuk menerjunkan tim kesehatan dalam waspada penyakit seperti penyakit kulit, gatal-gatal, diare ISPA, Leptospirosis, dll. Begitu juga dinas lainnya agar berpartisipasi dalam membantu warga Kota Palopo seperti Pos Bencana Alam, pos Dapur dll.

Menanggapi hal yang terjadi kita berharap, disetiap posko harus saling bersinergi, berkumpul disatu posko dan tidak menyebar, untuk memudahkan koordinasi. (**/Wis)