oleh

Kasus Covid-19 Meningkat, Dokter Yudi Ajak Penyintas Covid-19, Donor Plasma Konvalesen

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Kasus Covid-19 di Indonesia masih terus meningkat, tingginya jumlah kasus baru dan angka kematian akibat penularan virus corona. Berdasarkan data milik pemerintah hingga Sabtu (10/7/2021) pukul 12.00 WIB terjadi penambahan 35.094 kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir.

Dengan demikian, jumlah pasien yang terjangkit Covid-19 kini berjumlah 2.491.006 orang terhitung dari Maret 2020. Data tersebut juga bisa diakses melalui laman covid19.go.id yang diperbaharui setiap sore.

Meningkatnya yang terpapar covid-19 di Sulawesi selatan dan Indonesia , Dr Wachyudi Muchsin, SH, M.Kes Humas IDI Kota Makassar yang juga merupakan penyintas covid-19 mengajak kerelaan seluruh penyintas covid-19 untuk mendonorkan darah plasma konvalesen di Palang Merah Indonesia (PMI) atau rumah sakit yang memiliki fasilitas donor plasma konvalesen.

Dr Wachyudi Muchsin SH
Dokter Umum & Estetika

“Ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan plasma darah yang sesuai dengan kebutuhan, jika cocok penyintas bisa mendonorkan plasma darahnya”, kata dokter Kobi julukan dr. Yudi, minggu (11 /7 /2021)

Dokter yudi sendiri sudah terpapar covid-19 dua kali pertama juni 2020 tanpa gejala dan Februari 2021 dengan gejala berat masuk di ICU Covid-19 membaik dengan terapi donor plasma konvalesen .

Plasma konvalesen adalah plasma yang diambil dari pasien yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Plasma adalah bagian dari darah yang mengandung antibodi. Pasien yang telah sembuh dari Covid-19 diharapkan telah memiliki antibodi sebagai perlawanan sistem imun terhadap virus SARS-CoV-2.

“Terapi plasma konvalesen merupakan terapi yang dilakukan dengan mendonorkan plasma orang yang telah sembuh dari Covid-19 kepada pasien yang masih terinfeksi”, imbuh dokter Yudi .