oleh

Kemah Merdeka Toleransi Sulsel Banjir Pujian, Kapolda Sulsel : Jadikan Event Tahunan

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Event Pekan Merdeka Toleransi Sulsel Tahun 2022 kembali bergulir, setelah sebelumnya dibuka dengan Dialog Kerukunan Lintas Agama di Hotel Gammara, dan Pementasan Sendratari Bhineka Tunggal Ika di Hotel Claro Makassar,

Hari ini, Senin, 15 Agustus 2022, Rangkaian Kegiatan Pekan Merdeka Toleransi kembali dihelat, yakni Kemah Merdeka Toleransi yang dihelat dari tanggal 15 s.d 17 Agustus 2022 yang mengambil lokasi di Pondok Pesantren Darul Ulum Pakkatto Kab. Gowa, dimana pesertanya merupakan siswa siswi Lintas Agama dan Budaya yang berasal dari Sekolah dan Madrasah dari seluruh Kabupaten Kota se- Sulsel

Kemah Merdeka Toleransi ini juga diikuti oleh Pengurus FKUB dan Majelis Lintas Agama se Sulsel.

Event Pekan Merdeka Toleransi yang digagas oleh Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel Tahun ini mengambil Tema besar “Merdeka dalam Keberagaman, Toleran dalam Perbedaan”, merupakan pengejawantahan dari salah satu program prioritas Pemerintah Pusat khususnya Kemenag RI yang mencanangkan Tahun 2022 ini sebagai Tahun Toleransi.

Pembukaan Kegiatan Kemah ini sungguh sangat meriah dan istimewa, selain diikuti oleh Ribuan Peserta Perkemahan lintas Agama Kemah ini juga dihadiri secara langsung oleh Ketua DPRD Prov. Sulsel, Kapolda Sulsel, Bupati Gowa, Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel, Kepala Badan Kesbangpol Pemprov. Sulsel, Ketua dan Pengurus FKUB Sulsel, Para Pimpinan Majelis Agama Sulsel serta Kakankemenag Kabupaten Kota se-Sulsel.

baca juga : Terkait Moderasi Beragama, Nuruzzaman Minta Kemenag Sulsel Serius dan Berani

Menurut Kakanwil Kemenag Sulsel bahwa Kemah Merdeka Toleransi yang diikuti oleh siswa dan pelajar lintas agama se-Sulsel ini akan diisi berbagai kegiatan yang bertema Perbauran dan kebersamaan, seperti Dialog, Pentas Seni, Standup Comedy, outbond, dan Penghijauan Lingkungan berupa penanaman bersama 500 Pohon Produktif yang bertujuan untuk meneguhkan kembali komitmen Kebangsaan dan kebhinekaan serta membangun Dan menciptakan suasana keakraban antar peserta utamanya bagi para siswa dan pelajar Lintas Agama agar bisa mempertahankan keutuhan NKRI yang menjadi warisan para Founding Father Negara kita tercinta 77 tahun yang lalu.

Pembukaan Kemah Merdeka Toleransi ini dikemas dalam bentuk Upacara yang dipimpin langsung oleh Kapolda Sulsel Irjen Pol H. Nana Sudjana yang dengan semangat memulai sambutannya dengan Pekik Merdeka yang disambut meriah dan menggelegar oleh seluruh Peserta dan Hadirin.

Menurut Mantan Kapolda Jawa Barat, sangat mengapresiasi dan mendukung Event Pekan Merdeka Toleransi ini, sebab sangat linear dengan semangat Kemerdekaan Republik Indonesia.