oleh

Kopi Toraja yang Mendunia

koranmakassarnews.com — Minuman kopi merupakan salah satu minuman favorit banyak kalangan baik itu tua dan muda maupun pria dan wanita dari awal ditemukannya konon di daerah kaffa Ethiopia sebuah wilayah yang terletak di benua Afrika oleh seorang pengembala domba sampai dibawah penjajah belanda ke Indonesia hingga saat ini metode pengolahan dan peracikannya berkembang dengan pesat.

Minuman kopi saat ini bukan saja sekedar bubuk kopi yang diseduh air panas tanpa gula maupun dicampur dengan gula pasir tapi mulai beraneka ragam mulai dari minuman kopi dikemas dalam bentuk wadah botol, bubuk kopi instan dalam kemasan sachet sampai minuman kopi yang jadi menu di cafe-cafe dengan banyak varian rasa mulai dari expresso, cappucino, mochachino, latte dan masih banyak lagi varian minuman yang terbuat dari bahan dasar kopi.

Kopi Toraja

Salah satu jenis komoditi kopi yang banyak diminati di Dunia adalah komoditi kopi dari Indonesia terutama biji kopi yang berasal dari wilayah toraja baik itu dari Kabupaten tana toraja maupun kabupaten Toraja Utara sebuah daerah yang terletak di propinsi Sulawesi Selatan dimana biji kopinya terkenal memiliki kualitas yang sangat baik.

Tanaman kopi yang dibudidayakan di tana toraja sendiri terdapat dua jenis varian yaitu Arabika dengan ciri biji yang agak panjang dan lonjong, memiliki aroma yang wangi dan sedangkan varian Robusta memiliki bentuk biji yang agak bulat dan memiliki rasa yang kuat. Kedua varian ini kadang di campur untuk mendapatkan minuman kopi yang memiliki aroma yang wangi dengan rasa yang kuat.

baca juga : Meski Sederhana, Bangi Kopi Perintis dan Ayam Goreng Fatmawati Rayakan HUT ke 5

Komoditi kopi toraja sangat diminati di seluruh dunia termasuk di Amerika, Eropa dan di kawasan Asia sendiri terbukti dengan permintaan ekspor kopi jenis kopi toraja bisa mencapai diangka 500 ton per tahun terutama untuk tujuan ke kawasan Amerika dan Eropa karena memiliki cita rasa yang berbeda dengan jenis kopi di daerah lain.

Penulis : Sriyanto Nurdin