oleh

Lestarikan Budaya, SMPN 6 Makassar Gelar Karnaval

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 6 Makassar gelar karnaval seputar zonasi SMPN 6. Karnaval ini merupakan rangkaian peringatan Sumpah Pemuda, HUT Kota Makassar dan juga Hari Jadi SMPN 6 Makassar, Senin (6/11/2023).

Diawali dengan shalat subuh berjamah, dirangkaikan dengan pembukaan porseni, pelepasan balon dan kembang api. Setelah pembukaan porseni, para siswa dan siswa melakukan karnaval seputar zonasi smp 6.

Kepala Sekolah SMPN 6 Makassar, DR. H. Munir, S.Ag, M.Ag,menyampaikan berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat menumbuhkn kecintaan generasi muda akan budaya, seni, dan olahraga, sekaligus sebagai ajang silaturahmi.

“Hut 63 momentum silahturahmi antara siswa agar tidak ada sekat senioritas dan juga silahturahmi orang tua siswa siswa sesama orang tua siswa dan juga kepada para pengajar,” ujarnya.

Dalam tema karnaval sendiri, tiap kelas mempunyai tema tersendiri, ada yang bertema profesi, pengusaha dan tema pengantin bugis.

baca juga : Gala Dinner HUT Makassar Bertabur Budaya, Berlatar Mahakarya Pinisi dan Tongkonan

Salah satunya, ditampilkan oleh kelas VII B ikut serta mengambil tema Botting Ugi’. Botting Ugi’ merupakan tema yang di ambil dari profil pelajar pancasila yaitu tema kearifan lokal’.

Tema Ini menggambarkan prosesi pernikahan Bugis dengan iring-iringan penari, pengantin di bawah lellung, diantar oleh kedua orang tua calon pengantin, penghulu, pemangku adat, pembawa bosara, erang-erang, dan pembawa gendang.

Asri,S.Pd.,M.Pd selaku wali kelas VII B menambahkan bahwa HUT Ke 63 UPT SPF SMP Negeri 6 Makassar adalah momentum yang dinantikan setiap tahunnya, dimana perhelatan ini melibatkan seluruh element termasuk Komunitas Orang Tua Siswa. (*)