oleh

Mencari Pengganti Majdah, UIM Gelar Fit and Proper Tes Calon Rektor Periode 2023-2027

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Universitas Islam Makassar menggelar fit and proper tes calon rektor 2023-2027 di Wisma Kalla, rabu (10/5/23).

Diketahui setelah menjabat 4 (empat) periode rektor Universitas Islam Makassar dari tahun 2007 hingga 2023, DR Ir Hj Andi Majdah M Zain M.Si memilih untuk tidak melanjutkan masa jabatannya walau seluruh pengurus senat termasuk seluruh dekan tetap menginginkan kembali kembali memimpin alias oppo.

Namun demi regenerasi pemimpin kampus Majdah enggan kembali di calonkan rektor selanjutnya setelah Majdah akan ke yayasan untuk membantu ketua Yayasan Hj. Fatimah Kalla dalam pengembangam kampus UIM lebih besar.

Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Al Gazali Hj Fatimah Kalla mengatakan seleksi calon Rektor periode 2023-2027 telah melaksanakan proses penjaringan di tingkat fakultas dan pascasarjana dengan memberikan kewenangan kepada fakultas dan pascasarjana untuk mengusulkan calon rektor ke panitia seleksi dari hasil usulan tersebut yang memenuhi kriteria dukungan berdasarkan tata tertib yaitu minimal diusung oleh 3 (tiga) fakultas dan atau pascasarjana

Dari hasil pengusulan dari tingkat fakultas dan pascasarjana, ada 6 (enam) bakal calon rektor periode 2023-2027 yaitu, DR. Ir H. Andi Majdah M. Zain, M.Si dukungan 10 fakultas dan pascasarjana, Prof. DR. H. Muammar Bakry, Lc. juga mendapat 10 dukungan fakultas dan pasca, Dr. Ir. Saripuddin Muddin, ST., MT. mendapat 10 dukungan, DR. Ir. H. Darmawan, M.Si mendapat 6 dukungan, DR. H. Ruslan Wahab, MA mendapat 5 dukungan dan Prof. Dr. H. Muh. Arfin Hamid, SH., M.H, mendapat 4 dukungan.

baca juga : Raker UIM 2023 Hadirkan Prof Mansyur Ramli Sebagai Keynote Speaker

Saat penetapan calon pada rapat senat terdapat 4 calon rektor yang diusulkan, yakni rektor UIM DR. Ir. Hj. Andi Majdah M. Zain, M.Si tidak bersedia untuk dicalonkan dan 1 calon lagi yaitu DR. Ir. H. Darmawan, M.Si, yang mendapat 6 dukungan tidak menyetor kelengkapan berkas.

Adapun nama-nama calon Rektor Universitas Islam Makassar periode 2023-2027 yang telah ditetapkan oleh Ketua Senat dan Ketua Yayasan kader terbaik UIM yakni Prof. Dr. H. Muammar Bakry, Lc, DR. Ir. Saripuddin Muddin, ST, MT, DR. H. Ruslan Wahab, MA dan Prof. Dr. H. Muh. Arfin Hamid, SH, MH.

Adapun tim fit and proper test terdiri dari Prof. DR. KH. Nasaruddin Umar, M.A. (Penilai/Pembina Yayasan), Hj. Fatimah Kalla (Penilai/Ketua Yayasan PT. Al-Gazali), DR. KH. Hamzah Harun Al-Rasyid, M.A. (Penilai/Ketua PWNU Sul-Sel) dan Prof. Dr. Hj. Dwia Aries Tina Pulubuhu, M.A. (Penilai/Profesional)

Fit and proper test calon rektor tersebut disaksikan seluruh civitas akademik Universitas Islam Makassar secara hybrite langsung di Wisma Kalla dan virtual zoom. (*)