oleh

Raker UIM 2023 Hadirkan Prof Mansyur Ramli Sebagai Keynote Speaker

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Universitas Islam Makassar (UIM) dalam rangka mewujudkan kampus unggul, qurani dan berkarakter menggelar rapat kerja selama dua hari 28-29 Maret 2023 dengan tema akselerasi kinerja perguruan tinggi untuk mewujudkan akreditasi unggul dihadiri seluruh dekan, kepala bagian, kepala biro , wakil rektor, direktur pascasarjana, seluruh dosen dan civitas akademik lingkup kampus UIM di Auditorium KH Muhyiddin Zain, UIM, Makassar, Selasa (28/03/2023).

Raker tersebut juga menghadirkan keynote speaker Prof. Dr. H. Mansyur Ramli, SE, M.Si selaku ketua umum APPERTI Pusat (Aliansi Penyelenggara Perguruan Tinggi Indonesia)

Menurut pembina Yayasan Al Ghazali Universitas Islam Makassar ini mengawali bahwa program merdeka belajar Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A sangat tepat digunakan sebagai filosofi perubahan dari metode pembelajaran yang terjadi selama ini karena dalam “Merdeka Belajar” terdapat kemandirian (heutagogy) dan kemerdekaan bagi lingkungan pendidikan menentukan sendiri cara terbaik dalam proses Tantangan Pendidikan Era Society 5.0 akan meningkat lagi yakni era 6.0 metaversity.

“Pasca covid-19 kita di paksa memasuki cara kuliah baru melalui on line (cybergogy) saatnya kita kolaborasi (peeragogy) , saling support satu bidang dengan bidang lain dan jalankan semua dengan hati yang ikhlas yakin dan percaya keberkahan dunia serta akhirat”, beber ketua umum Yayasan Rumah Sakit Islam Faisal Makassar ini.

Prof Mansyur Ramly menambahkan bahwa Universitas Islam Makassar sudah menggunakan smart kampus sisa lebih disempurnakan literasi berbasis ICT (information, Communication, technology) baik kurikulum, sumber daya manusia sampai transformasi pengembangan kampus berbasis ICT semua harus mampu beradaptasi dengan perubahan .

Sementara Rektor Universitas Islam Makassar DR. Ir. Hj. Andi Majdah M. Zain, M.Si dalam sambutannya menyampaikan seiring bulan ramadan 1444 Hijriah sebagai sarana intropeksi diri walau kita sudah melewati pandemi covid-19 namun tetap perlu kewaspadaan yang sangat tinggi dari kita semua, dengan pola hidup sehat menjadi sangat penting tetap diperhatikan dalam kegiatan akademik di UIM.

baca juga : Majdah Pimpin Deklarasi dan Komitmen Bersama Perjanjian Kinerja Civitas Akademik UIM Makassar

“Yakin semua ada hikmahnya dari cobaan Allah SWT menjadi pendorong yang sangat kuat dan memaksa kita semua untuk mengembangkan kemampuan dan kompetensi, khususnya teknologi informasi yang serba digital”, ucap Rektor UIM.

UIM telah memiliki sistem yang berbasis digital melalui smartcampus. Melalui sistem tersebut seluruh Tri Dharma Perguruan Tinggi terekam dengan baik, pendidikan, pengajaran, maupun penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Kami memastikan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi smartcamus di UIM menunjukkan kemajuan dan capaian luar biasa dan akan terus ditingkatkan dan disempurnakan menyambut era 6.0 metaversity”, pungkas Ketua PW Muslimat NU Sulsel ini. (*)