oleh

Pembukaan Porkot VIII, Ini Pesan dan Harapan dari KONI Pusat Hingga Walikota Makassar

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Pekan Olahraga Kota (Porkot) VIII Makassar 2023 secara resmi dimulai pada Jumat (20/10/2023) malam. Acara pembukaan pesta olahraga kota ini berlangsung di Stadion Mini Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) Universitas Negeri Makassar (UNM).

Proses pembukaan Porkot ini dihadiri oleh Pemerintah Kota Makassar, KONI, civitas olahraga, Rektor UNM, atlet dari setiap kecamatan, dan masyarakat umum. Acara dimulai dengan penampilan berbagai tarian, yang melibatkan nuansa tradisional hingga modern.

Kemeriahan acara semakin bertambah dengan penampilan marching band PIP Makassar, diikuti oleh defile dari 15 kecamatan se-Kota Makassar.

Dalam laporannya, Ketua KONI Kota Makassar, Ahmad Susanto, menyampaikan bahwa Porkot tahun ini diikuti oleh lebih dari 6 ribu atlet dan mempertandingkan 42 cabang olahraga. Ahmad optimis bahwa melalui Porkot VIII ini, Makassar dapat melahirkan atlet-atlet berprestasi yang nantinya dapat membawa nama baik Indonesia di tingkat internasional.

“Kami ingin mengirim pesan ke Indonesia melalui Pekan Olahraga Kota ke VIII bahwa anak-anak Makassar adalah anak-anak yang siap berprestasi, siap menjadi bintang dunia, siap hadir, dan berkontribusi bagi bangsa dan negara melalui sektor olahraga,” ungkap Ketua KONI Makassar.

baca juga : Walikota Makassar Buka Porkot VIII Tahun 2023: Event Ini Puncak Prestasi Kota

Ketua KONI Pusat, yang diwakili oleh Mayjen TNI purn Victor H. Simatupang, dalam sambutannya menyampaikan pesan agar atlet meningkatkan kualitas pertandingan. “Mari kita tingkatkan kualitas pertandingan supaya menghasilkan atlet-atlet terbaik yang bisa kita harapkan di masa yang akan datang. Tak kalah pentingnya kita harus menghindari penggunaan doping,” serunya.

Pesan serupa juga datang dari Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto atau Danny Pomanto, yang menekankan pentingnya sportivitas bagi para atlet. “Prestasi itu mutlak, tapi persahabatan itu abadi. Artinya kita semua kejar prestasi tapi jangan ki berkelahi,” pesan Danny Pomanto.

Wali Kota Makassar secara resmi membuka Porkot VIII Makassar 2023 dengan pelepasan tembakan ke arah sasaran, dan acara dilanjutkan dengan pembakaran api abadi Porkot Makassar oleh dua atlet nasional asal Makassar, yaitu Ina Sir Idar dan Taufan. Penutupan acara Opening Ceremony Porkot VIII Makassar 2023 dimeriahkan dengan penampilan Kotak Band. (*)