oleh

Pengurus IWO Sinjai Beri Materi di Pelatihan Jurnalistik KT Massaile

SINJAI, koranmakassarnews.com — Karang Taruna Desa Massaile, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai mengadakan kegiatan pelatihan Jurnalistik bagi pemuda di Desanya. Minggu, (28/2/2021).

Kegiatan sehari ini dilaksanakan di Aula pertemuan Kantor Desa Massaile dengan menhadirkan beberapa pemateri dari praktisi media yang ada di Kabupaten Sinjai.

Dengan menyasar Pemuda, pelajar dan pengurus Karang Taruna Desa, kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi dengan K3 UMSi dan IAIM Sinjai yang berposko di Desa Massaile.

Ada dua pemateri yang diundang dalam pelatihan ini, yakni pengenalan Jurnalistik dan Menangkal Hoax oleh Asdar Palewai yang merupakan Sekretaris IWO (Ikatan Wartawan Online) Sinjai yang juga Direktur Berita Bersatu.

Dan pemateri kedua oleh Muh. Izhar pengurus IWO Sinjai yang juga merupakan Direktur Suara Jelata dengan materi tehnik menulis berita.

Sekretaris Karang Taruna Desa Massaile, Zainal Basri Jamal menututkan pelatihan ini bertujuan agar peserta yang rata-rata pemuda mampu mengetahui cara menulis berita yang baik dan benar.

Selain itu, kata Zainal, kegiatan ini bertujuan agar kita semua dapat menjadi garda terdepan dalam menangkal Hoax, apalagi diera saat ini pengunaan media sosial mesti berhati-hati.

“Semoga output kegiatan ini melahirkan pemuda yang cerdas dalam bermedia sosial, serta diharapkan dapat membantu Desa mempublikasikan potensi yang ada sehingga bisa bermanfaat bagu pembangunan di Desa itu sendiri,” katanya.

baca juga : PD IWO Sinjai Terima Penghargaan Dari Kapolres Sebagai Bentuk Sinergitas Polisi dan Wartawan

Sementara itu, salah satu pemateri kegiatan, Asdar Palewai mengatakan jika menjadi seorang Jurnalis itu mesti memegang teguh kode etik serta terus mengasah kemampuan utamanya dalam hal pembuatan berita.

“Kita harus menulis berita sesuai dengan apa yang terjadi atau faktual agar terhindar dari penyebaran hoax,” bebernya.

Terpisah, salah satu peserta mengaku sangat senang dengan kegiatan ini, menurutnya belajar Jurnalistik merupakan kebutuhan yang sangat penting di era saat ini.

“Pematerinya keren dan sangat menarik, saya sangat berterimah kasih dengan adanya kegiatan ini,” kuncinya. (iwo)