oleh

Penilaian Tengah Semestermu Jelek? Jangan Khawatir, Berikut Tips dan Trik dari Zenius

JAKARTA, koranmakassarnews.com 27 Oktober 2023 – Laporan hasil penilaian tengah semester baru saja keluar. Gimana hasil nilai kamu? Buat yang nilainya oke, selamat! Tapi untuk yang kurang, jangan khawatir, masih banyak cara untuk memperbaiki nilai kamu. Kamu memang nggak selalu bisa jago di semua mata pelajaran, jadi wajar kalau di pelajaran yang kurang kamu kuasai, kamu mendapatkan nilai yang lebih rendah.

Nilai yang rendah juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lain, misalnya guru mata pelajaran itu nggak enak atau killer, sehingga kamu jadi malas untuk mengikuti pelajarannya.

Kalo kamu punya masalah dengan nilai yang kurang memuaskan, coba deh ikuti tips dari Zenius untuk memperbaiki nilaimu.

Tetap tenang

Ini adalah salah satu tahap paling penting ketika menghadapi nilai yang kurang memuaskan. Merasa sedih, kecewa, atau menyesal saat melihat nilai rapor yang buruk adalah reaksi yang wajar. Menjaga ketenangan diri adalah langkah pertama dalam menghadapi nilai buruk ini. Meskipun hal ini tidak akan langsung mengubah nilaimu, tetapi memastikan pikiran kamu tetap tenang itu penting. Jika kamu tidak dapat menjaga ketenangan, kamu akan sulit untuk fokus dan memahami materi.

Evaluasi kelemahan

Sebagai manusia kamu mungkin tidak akan mampu menguasai seluruh pelajaran, namun bukan berarti kamu harus mengabaikan mata pelajaran yang menjadi kelemahan. Sebagai contoh, jika kamu merasa kurang mahir dalam Bahasa Inggris, jangan malas untuk mempelajarinya. Tetapi, berikan usaha lebih pada mata pelajaran tersebut.

Kami bisa melakukan evaluasi ulang terhadap materi yang belum dipahami dengan baik. Kamu juga bisa meminta bantuan guru, orang tua, atau teman yang lebih jago dalam mata pelajaran tersebut. Hal ini akan membantumu mengidentifikasi kekuranganmu dan merancang strategi perbaikan nilai yang sesuai untuk mengatasi kelemahan tersebut.

Buat jadwal belajar yang konsisten dan terarah

Mendapatkan nilai bagus memerlukan waktu dan konsistensi. Salah satu langkah kunci adalah membuat jadwal belajar yang terarah dan mematuhi jadwal tersebut.

Jadwal terarah berarti fokus pada materi yang relevan dengan ujian dan mengatur urutan pembelajaran, seperti belajar Matematika jam 7, lalu Bahasa Inggris jam 8. Dengan jadwal yang terarah, waktu belajar kamu akan menjadi lebih efektif.

Selain itu, konsistensi juga memiliki peranan penting. Tentukan target belajar harianmu, batasi waktu di media sosial dan gadget, serta rajin berlatih soal. Penting untuk mematuhi aturan-aturan ini secara konsisten agar belajar kamu lebih efektif dan memiliki dampak positif.

Cari materi pelajaran tambahan

Waktu di sekolah terbatas, dan seringkali materi pelajaran terasa cepat berlalu. Agar kamu dapat meningkatkan nilai rapor, penting bagimu untuk mencari materi pelajaran tambahan.

Materi tambahan bisa ditemukan dari berbagai sumber, seperti video pembelajaran di YouTube, guru privat, atau layanan bimbingan belajar online seperti Zenius.

Pembelajaran digital memungkinkan akses materi kapan saja dan dari mana saja. Kamu dapat mengulang materi sebanyak yang kamu butuhkan hingga benar-benar paham. Ini akan membantu memperbaiki pemahaman dan nilai kamu.

baca juga : Hari Santri Nasional: Perjuangan dan Prestasi dalam Meraih Masa Depan Cerah

Banyak latihan soal

Untuk menjadi jago dalam sebuah mata pelajaran,  sekadar memahami materi saja tidak cukup. Latihan soal juga akan membantumu untuk menguasai mata pelajaran. Dengan sering berlatih soal, kamu akan lebih terampil dalam menghadapi ujian.

Selain soal-soal di buku dan internet, platform pembelajaran seperti Zenius juga menyediakan banyak latihan soal. Bahkan, Zenius juga memberikan pembahasan untuk tiap soal tersebut.

Itulah beberapa cara sederhana untuk memperbaiki nilai kamu sebelum ujian semester nanti. Ingat, nilai yang baik juga membuka kesempatan untuk masuk SMA favorit melalui jalur prestasi atau perguruan tinggi negeri lewat Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Yuk move on dan susun strategi untuk memperbaiki nilai!