oleh

Denny JA: Mendengar Pidato dan Membaca Rekam Jejak Gibran Rakabuming Raka

koranmakassarnews.com — “Pelajarilah rekam jejak seorang pemimpin di masa lalu. Hanya dengan cara itu, kita tahu apa yang mungkin dilakukan pemimpin itu di masa depan.”

Ini kutipan dari Winston Churchill. Dengan spirit ini pula, sebelum saya mendengar pidato Gibran Rakabuming Raka, di hari ia akan ke KPU untuk mendaftar pada pilpres 2024, mendampingi Prabowo, saya pelajari rekam jejak Gibran.

Maka saya temukan tiga rekam jejak. Pertama, ketika Gibran menjadi walikota Solo. Ini data dari BPS tahun 2022.

Bahwa di tahun 2020, ketika Gibran baru terpilih sebagai Walikota Solo, pertumbuhan ekonomi di sana minus 1,74%. Bukan hanya 0 pesen, tapi minus!

Lalu kemudian di tahun terakhir data BPS, tahun 2022, setelah dua tahun Gibran menjadi Walikota, pertumbuhan ekonomi Solo meningkat pesat di angka 6,25%.

Pertumbuhan ekonomi Solo di tahun 2022 itu salah satu pertumbuhan ekonomi paling tinggi di Jawa. Dan ini sudah di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional, 5,3%.

Melihat data itu, saya mulai komentar: Wow! Ini Wow saya yang pertama.

Lalu yang kedua adalah data KPU. Ketika Gibran menjadi peserta Pilkada Walikota Solo, di tahun 2020, ia didukung oleh 86,5 persen suara. Tinggi sekali tingkat dukungannya. Gibran menang telak.

Dukungan setinggi 86,5 persen! Wow! Ini wow kedua yang saya respon.

baca juga : Denny JA: Kultur Politik Generasi Milenial Warnai Pilpres 2024

Ketiga, ketika usia Gibran lebih muda lagi. Sebelum Gibran terjung ke politik, ia menjadi pengusaha kecil dan menengah (UKM).

Gibran mengalami menjadi pedagang kaki lima. Ia jualan markobar, ini sejenis martabak. Gibran menggunakan gerobak di kaki lima. Usahanya buka hanya di malam hari.

Mulai dari satu titik usaha yang kecil itu, usaha Gibran lalu berkembang dan meluas ke 37 wilayah. Itu termasuk di berbagai kota besar. Gibran pun tumbuh menjadi pengusaha yang kokoh.

Sejak awal, Gibran ingin ikut menumbuhkan UKM. “Tapi,” menurut Gibran, “ini akan lebih mudah ia lalukan jika ia menjadi politisi.