oleh

Perangkat Apa Saja yang Bisa Mengkoneksikan Inovasi STBL? Ini Jawabnya

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Menyambung dua tulisan sebelumnya yang intinya menerangkan bagaimana UPT SPF SD Inpres Paccerakkang menerapkan inovasi Smart Technologi Based Learning (STBL) dan Gen Post Z yang disasarnya, maka kali ini penulis, Muh. Yunus Sunusi, S.Pd., M.Pd., yang juga adalah Kepala UPT SPF SD Inpres Paccerakkang memaparkan ke perangkat atau media apa saja inovasi ini bisa dihubungkan.

Kepala Sekolah yang sebelumnya pernah menerapkan Sekolah yang berwawasan lingkungan di sekolahnya ini, dalam bahasannya masih dalam tajuk ‘Penerapan Inovasi Smart Technologi Based Learning (STBL) untuk meningkatkan optimalisasi pembelajaran di UPT SPF SD Inpres Paccerakkang Kecamatan Biringkanaya kota Makassar’, kali ini menerangkan bahwa inovasi yang digagasnya ini bisa dikonesikan dengan semua perangkat media digital yang ada saat ini.

Lebih lanjut dijelaskannya bahwa, metode pembelajaran berbasis teknologi adalah pendekatan pembelajaran yang memanfaatkan teknologi sebagai sarana untuk memfasilitasi dan meningkatkan pengalaman belajar siswa. Metode ini dapat membantu siswa belajar dengan cara yang lebih interaktif, menarik, dan fleksibel, sehingga dapat membangun keterampilan mereka untuk menghadapi dunia yang semakin digital.

Selaras dengan itu, maka pihak sekolah dalam hal ini UPT SPF SD Inpres Paccerakkang menginisiasi sebuah program inovasi yang dapat mengakomodir karakteristik siswa tersebut. Nama inovasi yang telah dicanangkan adalah STBL (Smart Technology Based Learning). Inovasi menggunakan Smart TV sebagai penyampai pembelajaran.

Semua perangkat pembelajaran dapat ditampilkan melalui media ini. Media Smart TV dapat menampilkan video-video edukasi yang sudah ada atau guru dapat membuat video pembelajaran, kemudian menampikan video tersebut.

baca juga : Inovasi STBL, UPT SPF SD Inpres Paccerakkang Sasar Gen Post Z

Inovasi STBL dengan menggunakan media Smart TV dapat mengubah desain pembelajaran yang semula guru sebagai narasumber menjadi guru sebagai fasilitator yang dapat mengarahkan siswa untuk menyimak, menganalisis, menyimpulkan, dan melakukan evaluasi terhadap pengetahuan yang diperoleh.

Selain Smart TV inovasi STBL ini juga dapat dikoneksikan dengan berbagai perangkat yaitu handphone, notebook, tablet, dan perangkat digital lainnya.

Repoter : Junaid
Editor    : Nhana