oleh

Perkuat Layanan Multisektor dan Kurangi Ketergantungan Produk Luar, BMKG Geber Inovasi Sistem Informasi

Dengan adanya aplikasi ini diharapkan menjadi sarana edukasi masyarakat untuk memahami ancaman bahaya gempabumi dan tsunami di sekitar wilayah mereka. Sistem monitoring B-value  merupakan sistem monitoring dengan melakukan analisa B- value secara spasial dan temporal. Pengembangan sistem monitoring b value ini untuk memudahkan dalam memonitor prekursor gempabumi.

Berbagai inovasi yang dikembangkan BMKG tersebut merupakan buah karya putra putri terbaik bangsa. Seluruh inovasi tersebut didesain untuk dapat memberi banyak manfaat bagi masyarakat. Utamanya, dalam memberikan layanan data dan informasi yang cepat, tepat, dan akurat guna kepentingan pembangunan nasional.

Plt. Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Urip Haryoko sangat mengapresiasi terhadap inovasi BMKG untuk dapat memenuhi kebutuhan operasional seperti yang tadi telah disampaikan oleh Koordinator Bidang Klimatologi bahwa Api KHATULISTIWA telah dioperasionalkan di Kedeputian Klimatologi. Selain itu terkait produk Ina-NWP nanti kedepannya diharapkan produk-produk Ina-NWP bisa mendukung operasional dan bagaimana produk-produk prakiraan musim dikembangkan kami sangat menunggu produk-produk klimatologi untuk dapat dioperasionalkan didukung oleh kedeputian operasional itu sendiri. (*)