oleh

PLN UPK Punagaya Salurkan CSR ke Pelaku UMKM Berbasis Potensi Lokal

JENEPONTO, koranmakassarnews.com — PT PLN UPK Punagaya menyalurkan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Cahaya Kawaka yang terbentuk tahun 2021 merupakan binaan  PT PLN (Persero) UPK Punagaya Kerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Kab. Jeneponto.

Penyerahan CSR ini merupakan komitmen PT PLN ikut berperan dalam pembangunan ekonomi masyarakat Pesisir di Desa Punagaya Bangkala.

Ketua Kelompok UMKM Cahaya Kawaka Hasanawati menyampaikan dalam wawancaranya bahwa pembinaan dan pemberian CSR kepada pelaku UMKM berdasarkan potensi lokal di dusun Kawaka yang mayoritas penduduknya adalah petani rumput laut dan petani bawang merah telah dilaksanakan.

“Pelatihan pembuatan produk turunan rumput laut dan bawang merah telah kami dapatkan. Hal ini tidak terlepas dari pembinaan dan  pendampingan terus kami dapatkan dari PLN UPK Punagaya dan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kab. Jeneponto”, jelas Hasanawati melalui rilis yang diterima redaksi, minggu (26/6/22).

Adapun Terkait proses produksi yang sempat dikunjungi oleh Badan Standar Nasional dan Tim Halal dengan menyarankan perbaikan rumah produksi agar proses produksi tidak tergabung dengan dapur rumah tersebut.

“Maka dari itu kami memohon peningkatan kualitas rumah produksi tidak layak dan pengembangan penjualan untuk bisa kami dapatkan”, tambahnya.

Bantuan yang kami berikan di tahun 2022 adalah sebagai upaya peningkatan nilai lebih dari potensi lokal dan perbaikan rumah produksi sekaligus  PLN Peduli terus berupaya hadir mengembangkan UMKM melalui pembinaan keterampilan usaha, tata kelola, hingga pemasaran”, kata Team Verifikator dari PLN UPK Punagaya Bangkala, Muh Firmasyah Fattah.

baca juga : Menunggak, PLN Segel KWH Listrik Dinas Kelautan dan Perikanan Jeneponto

Senada, Mernawati selaku Kadis Koperasi dan UKM Kab. Jeneponto menyampaikan bahwa selama ini Cahaya Kawaka kami bina melalui PLN Peduli untuk mempersiapkan hal-hal demikian. Mulai dari produk, kualitas produk, izin-izin yang diperlukan seperti fasilitasi NIB (Nomor Induk Berusaha) dan juga di sisi pemasaran, pelatihan inkubator lokaprint terkait kualitas produk usaha dan pelaksanakan Pelatihan Kewirausahan bagi Kelompok Cahaya Kawaka pada program Digital Entrepreneruship Academy (DEA) untuk mempercepat transformasi digital dibidang kewirausahaan dalam rangka meningkatkan ekonomi digital.

“Kami atas nama Pemda Kabupaten Jeneponto mengapresiasi kepada Pihak PLN UPK Punagaya dengan adanya Bantuan CSR untuk perbaikan Rumah Produksi di tahun 2022 bagi pelaku UMKM, kami berharap hal ini dapat meningkatkan program peningkatan kualitas rumah produksi sekaligus mengedukasi kepada para pelaku UMKM  tentang keamanan pangan yang akan dikomsumsi konsumen”, imbuh, Mernawati Kadis Koperasi dan UKM Kab. Jeneponto. (*)