oleh

PLTU Punagaya Jadi yang Pertama di Sulawesi Raih Penghargaan Tertinggi Dari KLHK

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — PLN Unit Pembangkitan Punagaya berhasil menyandang predikat Proper Hijau, hal ini menjadikannya sebagai PLTU pertama di Sulawesi yang berhasil mendapat penghargaan tertinggi dari kementrian lingkungan hidup dan kehutanan.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Wakil Presiden Indonesia Ma’aruf Amin dan Menteri Lingkungan Hidup dan kehutanan di Istana Wakil Presiden 29 Desember lalu.

Yunan Kurniawan Manager PLN UPK Punagaya menyambut antusias penghargaan ini, yang merupakan bukti kontribusi PLTU Punagaya dalam menjaga lingkungan hidup untuk tetap seimbang.

“Penghargaan ini membuktikan bahwa dalam melakukan kegiatan operasinya PLTU Punagaya tidak hanya taat, tetapi mampu melebihi ketaatanya terhadap peraturan perundangan baik dalam hal penerapan sistem manajemen lingkungan, efisiensi energi, pengurangan dan pemanfaatan limbah B3, penerapan prinsip 3R (reduce, reuse, recycle) limbah padat non B3, pengurangan pencemaran udara dan emisi gas rumah kaca, efisiensi air dan penurunan beban pencemaran air, perlindungan keanekaragaman hayati, serta pemberdayaan masyarakat”, tambah Yunan Kurniawan dalam releasenya, sabtu (31/12/22).

baca juga : Tunjang Program Co Firing, PLN UPK Punagaya Serahkan Bantuan Bibit Jagung ke Warga

Yunan menjelaskan dalam kegiatan operasinya PLTU Punagaya mampu menciptakan sistem ekonomi kerakyatan dengan bekerja sama dengan warga sekitar untuk mendirikan Bank Sampah yang kemudian menjadi bahan bakar pengganti Batu Bara.

“PLN UPK Punagaya akan senantiasa berupaya menjaga keseimbangan dalam kegiatan operasinya memenuhi kebutuhan listrik masyarakat, melestarikan lingkungan hidup secara berkelanjutan, serta bertanggung jawab sosial melalui pemberdayaan masyarakat sekitar”, tutup Yunan Kurniawan. (*)