oleh

Polres Pelabuhan Makassar Ungkap Kasus Narkoba Tertinggi di Polda Sulsel Tahun 2022

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Menjelang akhir tahun 2022, Polres Pelabuhan Makassar mengelar Press Release, di Aula Mapolres Pelabuhan Makassar, Jalan Ujung Pandang Kota Makassar, Jumat (30-12-2022) Pukul 16.00 WITA

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Pelabuhan Makassar AKBP Yudi Frianto yang di dampingi oleh Wakapolres Kompol Sugeng Suprijanto, Kabag Ops Kompol Morens, Kasat Reskrim IPTU Prawira Wardany, Kasat Narkoba AKP Haryanto, Kasat Intelkam IPTU Syahrial Yuzdiansya, Kasi Propam IPTU Mirwan Herlambang dan Para Kapolsek Jajaran Polres Pelabuhan Makassar

Kapolres Pelabuhan Makassar, AKBP Yudi Frianto menyampaikan sejumlah pengungkapan kasus yang ditangani jajarannya sepanjang periode Januari hingga Desember tahun 2022. Salah satunya adalah pengungkapan kasus narkotika. Yudi Frianto menyebut, kasus penyalahgunaan narkotika yang berhasil diungkap selama tahun 2022, sebanyak 130 perkara dengan penyelesaian 129 kasus.

“Dari pengungkapan itu, sebanyak 181 tersangka. 14 diantaranya bandar, pengedar 30 orang, dan penggunaan 137 orang. Sedang barang bukti 22 Kg sabu, ekstasi 6 butir, 10,46 gram sintetis, ganja 439,42 gram dan 1022 butir daftar G, ” kata Yudi.

 

Alumni Akpol 2002 ini menyebut, pengungkapan kasus narkotika tahun ini mengalami peningkatan dari tahun 2021. Untuk penyelesaian kasus narkotika 2022 mencapai 99 persen.

“Selain perkara narkotika, penanganan kasus tindak pidana umum Satreskrim Polres Pelabuhan Makassar dan jajaran juga mengalami peningkatan. Dimana laporan ada 708 dan selesai 571 kasus atau penyelesaian meningkatkan 80 persen, ” sebut Yudi.

Mantan Kasat Narkoba Polrestabes Makassar ini menerangkan, terjadi peningkatan tindak pidana umum dalam kurun waktu 2022 dibanding 2021. Namun penyelesaian perkara mengalami kenaikan 10 persen.

“Untuk kasus pembusuran atau perang kelompok di tahun 2022, itu tidak ada kejadian. Kalau 2021 tawuran atau perang kelompok terjadi 59 kali dan pembusuran 2 kaki, ” terang Yudi.

Mantan Kasubdit 2 Ditresnarkoba Polda Sulsel ini menuturkan, capaian dan terobosan kreatif serta inovatif polres pelabuhan makassar selama tahun 2022, diakuinya mampu menekan angka kriiminalitas di wilayahnya.

baca juga : Dirresnarkoba Polda Sulsel Ajak Warga Laporkan Jika Ada yang Terpapar Naza

“Seperti penanganan aksi tawuran / peran kelompok di Kecamatan Ujung Tanah, alhamdulillah sepanjang tahun 2022 tidak ada, ini semua dari kerjasama Polres Pelabuhan Makassar bersama stakeholder, tokoh masyarakat, tokoh agama dan rekan media, ” tutur Yudi.

Kemudian lanjut Yudi, melakukan cipkon dengan melaksanakan patroli dan penyisiran di lokasi tawuran/peran kelompok. Dari hasil cipkon tersebut petugas menemukan beragam senjata tajam, seperti anak panah, ketapel, samurai dan senapan angin.