oleh

PPIU Sulsel Dampingi Project Manager YESS NPMU Pusat Sambangi CPM di Maros

MAROS, koranmakassarnews.com — Disela kegiatan Rapat Pra Penas yang dilaksanakan di Kantor Bupati Kab. Maros, Project Manager (PM) YESS mengunjungi langsung calon penerimah manfaat hibah kompetitif, jumat (20/05/22).

PM YESS Inneke Kusumawaty saat mengunjungi salah satu Calon Penerima Manfaat (CPM) dan penerima manfaat Hibah Kompetitif (HK) didampingi oleh Project Manager Propinsi Project Implementasi Unit (PMPPIU), PPIU Sulsel Kisman, Munirah LO Maros, Finansial Advisor dan Mobilizer serta perwakilan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Maros.

Adapun penerima dana hibah kompetitif yang dikunjungi atas nama Nurliah dari Desa Simbang Kec. Simbang, jenis usaha pertanian yang dikembangkan adalah budidaya Jamur Tiram.

Inneke mengatakan bahwa tujuan daripada program YESS ini adalah bagaimana menghasilkan wirausaha muda pedesaan di bidang pertanian dan menghasilkan tenaga kerja yang berkompeten di bidang pertanian.

“Maksud dari kunjungan ini adalah untuk melihat dari dekat aktivitas usaha jamur tiram yang dikembangkan oleh penerima HK sampai sejauhmana dalam mengembangkan usaha. Baik dari segi budidaya sampai kepada pemasaran hasil, hambatan atau kendala yang dihadapi dalam berusaha tani”, sambungnya.

baca juga : Kembangkan Program YESS, PPIU Sulsel Sambangi Beberapa BPP di Maros

Syamsul Bahri selaku Koordinator Program YESS Maros di tempat lain yang sedang mengikuti kegiatan Penguatan Kapasitas Manajemen Program YESS mengatakan bahwa untuk tahun 2022 penerima HK akan diklasifikasikan menjadi 3 kelas usaha : CPM pemula, maju dan berkembang.

“Syarat penerima HK bagi CPM adalah terdaftar di Manajemen Informasi Sistem (MIS) YESS, telah ikut pelatihan YESS dan mempunyai usaha pertanian yang akan dikembangkan dan menyusun proposal usaha. Semua CPM mempunyai kesempatan yang sama untuk mengajukan usulan proposal HK”, tutup Syamsul. (azis)