oleh

Respon Cepat Tangani Keluhan, PT PLN Hadirkan Command Center di Makassar

MAKASSAR, koranmakassarnews.com – Sebagai rangkaian peringatan hari Listrik Nasional ke- 75, PT PLN (Persero) Wilayah Sulselrabar meresmikan Command Center di kantor UP3 PLN Makassar Jalan Hertasning, Senin (26/10/2020).

Command Center ini berfungsi sebagai pusat kendali dan respon cepat terhadap keluhan atau laporan terkait gangguan kelistrikan pelanggan PT PLN yang tersebar di wilayah Sulselrabar.

General Manager PT PLN Sulselrabar Ismail Deu, menjelaskan bahwa hadirnya command center sebagai bentuk peningkatan pelayanan terhadap masyarakat, khususnya dalam percepatan penanganan keluhan dan mempersingkat durasi penyelesaian gangguan.

“Jadi Command Center ini memang kita hadirkan untuk merespon keluhan keluhan pelanggan, yang selama ini mengatakan PLN itu melayaninya lambat, responnya lambat. Nah dulunya itu setiap order keluhan dari masyarakat masuk ke masing masing unit layanan pelanggan (ULP).” ujar Ismail.

Tetapi dengan adanya Command center ini lanjut Ismail, akan mengatur seluruh petugas yang ada di ULP berada dibawah satu komando yang memberikan penugasan kepada petugas pelayanan teknik terdekat dengan lokasi gangguan.

“Tidak ada batasan lagi, petugas bukan lagi milik unit, tetapi satu, di bawah komando Command center. Sehingga petugas yang berada di lokasi terdekat dengan gangguan itu yang akan menerima order. Dan ordernya tidak akan salah karena sudah diatur secara digital. Itu fungsi Command center ini yakni memperbaiki respon time maupun recovery time.” jelasnya.

Baca: Terima Bantuan Sembako. Pj Walikota Makassar Apresiasi Kepedulian PLN di Tengah Pandemi

Ismail Deu menambahkan bahwa Command Center yang berpusat di kantor unit pelaksana pelayanan pelanggan (UP3) Jalan Hertasning Makassar, akan melayani 5 kantor ULP di kota Makassar dan kabupaten Gowa, Yakni Panakkukang, Mattoangin, Sungguminasa, Karebosi dan Daya, dengan total pelanggan yang bisa dilayani sebanyak 590.600 pelanggan.

“Kedepan kita akan perluas lagi cakupan command center ini ke kabupaten Maros, Pangkep dan Takalar, yang akan menjadi satu komando di sini, sehingga pelayanan kita akan lebih maksimal.” tutup Ismail.

(Ilho)