oleh

Sebanyak 20 Putra Putri Maiwa Enrekang Siap Lanjutkan Kuliah di Jerman, 3 ke Malaysia

ENREKANG, koranmakassarnews.com — Bupati Enrekang Muslimin Bando menghadiri Graduation Ceremony and Farewell Party SMAN 4 Enrekang. Acara penamatan dan perpisahan angkatan 2022 ini, digelar di sekolah, Selasa 10 Mei 2022.

Tahun ini SMAN 4 Enrekang meluluskan 185 siswa. Bupati berharap semuanya bisa melanjutkan kuliah.

“Sekarang tidak ada alasan lagi untuk tidak kuliah. Kalaupun tidak bisa ke Jawa, Unhas, atau UNM, ada UMS Rappang yang dekat,” kata bupati berlatar pendidik ini.

Bagi yang kurang mampu, bisa dicover oleh pelbagai jenis beasiswa yang disediakan pemerintah maupun dari jalur aspirasi DPR RI. Kendala lain, biasanya setelah tamat SMA banyak yang memilih melanjutkan pekerjaan orangtuanya sebagai petani. MB memberi opsi kuliah sambil kerja.

“Sekarang era-nya Merdeka Belajar di Kampus Merdeka. Bisa kuliah online. Kita juga terus membuka kelas kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi,” urai Bupati.

“Apa lagi kendalanya? Jika masih ada, datang ke Bupati, kita temukan solusi bersama,” kata Ketua Golkar Enrekang ini.

20 lulusan Siap Ke Kuliah di Jerman

Diantara para lulusan, 20 orang tengah kursus Bahasa Jerman. Rencananya mereka akan melanjutkan pendidikan di Negeri Panzer ini. Kepala SMA 4 Enrekang Drs. Makhmud menjelaskan, pihaknya menjalin kerjasama dengan Habibie Education Youth (HEY) untuk memboyong siswa kuliah sambil kerja di Jerman.

Ke-20 siswa ini sedang dalam tahap pendidikan selama 6 bulan. Untuk memperoleh sertifikat B1.

Selain ke Jerman, 2 alumni SMA 4 Enrekang sudah berada di Malaysia kuliah di Albukhary Internasional University. “Tanggal 18 Mei nanti, 1 orang lagi akan berangkat kuliah di Malaysia,” jelas Kepsek didampingi Wakasek Kesiswaan Salman, SE.,M.Si.