oleh

Sosialisasi Olahraga Terintegrasi, KONI Makassar Libatkan Para Ketua LPM dan Guru Olahraga

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Makassar terus giat dalam program pengembangan olahraga untuk mewujudkan Makassar sebagai city of sport. Salah satu inisiatifnya adalah melalui kegiatan sosialisasi olahraga terintegrasi di Hotel Max One Makassar pada Rabu (18/10).

Ketua panitia pelaksana, Fachruddin Palapa, menyatakan bahwa 220 peserta, terdiri dari para Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) se-Kota Makassar, guru olahraga, dan mahasiswa olahraga, turut serta dalam sosialisasi ini.

Ketua KONI Kota Makassar, Ahmad Susanto, dalam sambutannya menjelaskan bahwa tujuan sosialisasi ini adalah untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam mewujudkan Makassar City of Sport dan menjadikan olahraga sebagai mitigasi.

Di hadapan ratusan Ketua LPM dan guru olahraga, Ahmad Susanto memaparkan beberapa program prioritas KONI Makassar. Salah satunya adalah regenerasi atlet melalui program One Student One Sport (OSOS), sebuah kolaborasi antara KONI Makassar dan Dinas Pendidikan Kota Makassar.

“Peran guru olahraga sangat signifikan dalam program ini untuk mengarahkan bakat olahraga siswa sesuai dengan potensi masing-masing siswa,” ungkap Ahmad Susanto.

Program lain yang ditekankan adalah rencana pembangunan sport mini centre di setiap kecamatan. Ahmad Susanto berharap para Ketua LPM dapat mendukung dan berpartisipasi aktif dalam merealisasikan program ini.

baca juga : Perbasasi Gelar Kejuaraan Softball U15 dan U18 Walikota Cup 2023 Selama Enam Hari

“KONI Makassar berencana membangun 15 sport mini centre di 15 kecamatan. Kendala utama selama ini adalah ketersediaan lahan. Kami meminta LPM untuk mengidentifikasi lahan yang dapat digunakan untuk membangun fasilitas olahraga sederhana,” tambahnya.

Selain itu, Sosialisasi Olahraga Terintegrasi yang diselenggarakan oleh KONI Makassar juga menghadirkan tiga narasumber yang merupakan pakar di bidang olahraga, yaitu Prof. Dr. Hasmyati (Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Universitas Negeri Makassar), Dr. Sahabuddin, dan Dr. Muhammad Ishak.

Ketiganya memberikan penjelasan tentang pengembangan prestasi olahraga termasuk pengembangan industri olahraga, dengan penekanan pada pelibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya. Sosialisasi ini dipandu oleh Maulana Yusdianto, Wakil Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Kota Makassar. (*)