oleh

Sweping Terbalik, Komisi III DPR RI Beri Apresiasi Inovasi dan Kreativitas Satlantas Polres Palopo

PALOPO, koranmakassarnews.com — Inovasi dan inisiatif KRI Palopo membuat konsep sweeping terbalik, dapat apresiasi dari anggota Komisi III DPR RI, Andi Rio Idris M. Padjalangi, SH, MH.

Pasalnya inovasi dan kreativitas personil Satlantas Polres Palopo yang diinisiasi oleh Kanit Regident Samsat Palopo itu sempat viral di medsos dan sweeping terbalik ini terbilang unik dengan merubah pola lama menjadi lebih humanis, sehingga hujan apresiasi bukan hanya dari warga Palopo namun juga datang dari politikus Golkar di Senayan Jakarta.

“Kereen dan sangat positif inovasi yang dikonsep oleh KRI Palopo dan hal itu salah satu cara mendekatkan diri ke masyarakat serta pola seperti itu dapat meraih kepercayaan publik terhadap Polri, kalau selama ini sweeping identik dengan mencari pengendara yang tidak lengkap, justru yang dilakukan oleh satlantas Polres Palopo itu yakni justru lebih fokus cari pengendara yang lengkap serta diberi hadiah itu keren dan sangat inovatif, saya harap pola pola seperti ini mesti diikuti oleh petugas dijalan agar polisi khususnya Polantas agar lebih dekat dengan masyarakat”, ucap Rio Padjalangi,

Sebelumnya legislator Senayan ini sempat melihat gambar dan video kegiatan polantas Palopo dan menurutnya inovasi itu sebenarnya hal hal kecil dan tidak butuh biaya besar tapi point dari konsep itu dampaknya ke masyarakat sangat positif.

“Kami terus lakukan perbaikan pelayanan termasuk yang dikonsep oleh KRI sangat baik untuk bagaimana polri kembali meraih kepercayaan publik”, ungkap Kapolres Palopo AKBP Safini Nafsikin, SH, S.IK, MH, selasa (21/2/23).

Sementara sang konseptor, Iptu Kamal saat dikonfirmasi mengatakan, konsep ini sebenarnya sudah dilakukan sebelumnya yakni pada operasi kepolisian tahun lalu, hanya saja mungkin baru terpublikasi dengan baik.

baca juga : Monev Kinerja, Samsat Polres Palopo Gelar Rakor Tiga Pilar

“Hal itu karena dibantu oleh teman teman media dan kami wajib berterima kasih pada teman teman media, ya sambil beri reward ke pengguna jalan yang tertib kami tentunya pasti sosialisasikan program program Samsat seperti Gratis BBN II dan lain-lainya”, tambah Iptu Kamal.

Salah seorang aktivis di Palopo juga memberikan apresiasi karena apa yang dilakukan oleh KRI Palopo itu luar biasa dan sangat langka dilakukan serta bisa merubah mindset warga yang dulu terkesan kalau polantas cari cari salah.

“Ini yang dilakukan KRI Lantas Palopo good, kami liat juga Kanit yang satu ini beda dengan polisi pada umumnya, dia dekat sekali dengan semua kalangan termasuk teman-teman aktivis dan media, saya salut, mestinya personil seperti ini diberi apresiasi oleh pimpinan Polri agar bisa diikuti oleh polisi khususnya polisi lalu lintas yang lain,” pungkas IM. (**/Wisnu)