oleh

Syukuran HUT Lalu Lintas Diwarnai Dengan Peresmian Front Office ETLE dan RTMC Polda Sulsel

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar syukuran memperingati Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-68, yang diselenggarakan di hotel Four Points Makassar. Dalam syukuran ini melalui video conference, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memberikan arahannya, Senin (25/09/23) Siang tadi.

Sementara itu, di acara intern, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso memimpin syukuran dengan melakukan potong tumpeng. Hari Lalu Lintas sendiri dicetuskan pada tanggal 22 September 1955.

Pada kesempatan ini, Kapolda juga meresmikan dan menandatangani prasasti, renovasi gedung RTMC atau regional traffic management centre, serta pembangunan ruang pelayanan atau front office ETLE Ditlantas Polda Sulsel

Dalam sambutannya, Irjen Pol Setyo Boedi mengucapkan selamat Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-68 untuk keluarga besar Ditlantas Polda Sulsel dan jajaran. Kapolda mengapresiasi pengabdian, dedikasi dan kinerja seluruh personel polisi lalu lintas (Polantas).

Untuk itu, ke depan Irjen Pol Setyo Boedi mengajak seluruh personel Polantas mampu bekerja keras, ikhlas dan cerdas dengan mengedepankan sikap-sikap etis dan humanis.

Irjen Pol Setyo pun menekankan agar seluruh personel Polantas untuk menjadi polisi yang mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta selalu memberikan wawasan dan edukasi agar tercapainya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas (Kamseltibcarlantas).

Lebih lanjut dikatakan, di era digitalisasi ini, banyak inovasi yang telah dilakukan jajaran Polantas, diantaranya, penerapan tilang elektronik, yakni electronic traffic law envorcement (ETLE) sebagai payung penegakan hukum. Saya harap ini terus dikembangkan. Karena dengan adanya ETLE diharapkan masyarakat semakin sadar perlunya tertib dan patuh dalam berlalu lintas di jalan.

“Terus lakukan sosialisasi, baik di kalangan pelajar, maupun masyarakat umumnya. Dengan demikian diharapkan mereka bisa berkontribusi untuk mencegah terjadinya pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas,” harapnya.

Dirlantas Polda Sulsel, Kombes Pol Dr. I Made Agus Prasatya, S.I.K., M.Hum mengatakan, selain pengembangan ETLE dengan sementara ini mengoperasikan 1 ETLE Mobile on board dan 60 ETLE Mobile handheld terbukti dalam Operasi Zebra Pallawa 2023 mampu menurunkan lakalantas sebesar 51 persen.

Upaya lainnya, tandasnya, adalah peningkatan pelayanan Regident dengan upaya penghapusan pajak progresif dan bea balik nama bersinergi dengan Bapenda dan Jasa Raharja dalam upaya meningkatkan pendapatan asli daerah. Upaya lainnya, perubahan ujian praktik SIM sesuai ketentuan Korlantas Polri, dan layanan hotline permintaan pengawalan jenazah secara gratis.

baca juga : Kapolda Sulsel: ETLE Efektif Tertibkan Masyarakat Sehingga Fatalitas Lakalantas Turun 51 Persen

Hari Lalu Lintas selain syukuran pihaknya juga memberi penghargaan kepada satker jajaran yang berprestasi melakukan inovasi.

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas prestasi, dedikasi, dan jerih payah yang telah dilakukan selama ini”, ujar Made Agus

Mereka yang mendapat penghargaan antara lain : Lomba Polisi Cilik (Pocil) juara 1 Polres Pinrang, juara 2 Polres Enrekang dan juara 3 Polrestabes Makassar. Lomba pelaporan aplikasi integrated road safety management system (IRSMS) juara 1 Polres Luwu, juara 2 Polres Maros, juara 3 Polres Pangkep

Untuk lomba pelaporan aplikasi E-Turjawali juara 1 Polres Luwu Utara, juara 2 Polres Sinjai, juara 3 Polres Maros. Berbagai penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kapolda Sulsel, Irjen Pol Setya Boedi. (**/Wisnu)