oleh

Kapolda Sulsel: ETLE Efektif Tertibkan Masyarakat Sehingga Fatalitas Lakalantas Turun 51 Persen

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Operasi Zebra Pallawa 2023 Polda Sulawesi Selatan (Sulsel), mampu menekan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas (laka lantas).

Hal tersebut disampaikan Kapolda Sulsel, Irjen Pol Drs. Setyo Boedi Moempoeni Harso saat membacakan hasil analisa dan evaluasi (anev) di seluruh wilayah Polda Sulsel, bertempat di Aula Biru Ditlantas Polda Sulsel, Senin (18/09/23) sore tadi.

“Operasi Zebra Pallawa 2023, menunjukkan pelanggaran dan laka lantas menurun signifikan yakni 51 persen. Kegiatan yang di mulai sejak tanggal, 4 – 17 September 2023 tersebut, di nilai dapat menurunkan angka laka lantas serta mengurangi pelanggaran lalu lintas di jalan raya,” ucap kapolda.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sulsel, Kombes Pol Dr. I Made Agus Prasatya, S.I.K, M.Hum usai melakukan anev Operasi Zebra Pallawa 2023, yang digelar di Ditlantas Polda Sulsel, menambahkan, Operasi Zebra Pallawa 2023 merupakan operasi khusus dalam rangka mewujudkan keamanan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas.

“Di mana sasaran utamanya adalah untuk meningkatkan disiplin atau ketaatan hukum masyarakat di jalan,” tegas Dirlantas Polda Sulsel.

Diakui, cara bertindak yang dikedepankan adalah kegiatan edukatif, persuasif dan penegakan hukum yang humanis, dengan memanfaatkan ETLE atau electronic traffic law envorcement, dan teguran simpatik.

“Berdasarkan hasil anev sampai hari terakhir tanggal, 17 September 2023, secara menyeluruh pelaksanaan operasi berjalan lancar dan cukup berhasil. Demikian hasil analisa data, mampu menurunkan pelanggaran dan laka lantas. Penurunan cukup signifikan yakni sebanyak 242 kejadian atau turun 51 persen”, ujar Made Agus.

Diungkapkan Made Agus, keberhasilan operasi ini tidak lepas dari peningkatan aktifitas kegiatan jajarannya, baik tindakan preemtif, preventif maupun refresif.