oleh

Tingkatkan Keterampilan Mahasiswa, FDK Jurusan Jurnalistik UIN Alauddin Makassar Gelar Pelatihan Karya Tulis Ilmiah

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa, Jurusan Jurnalistik menggelar pelatihan karya tulis ilmiah yang berlokasi di Ruang Lecture Theatre (LT) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, kamis 22 Juni 2023.

Kegiatan yang mengangkat tema “Membentuk Generasi yang Terampil, Cerdas dan Inovatif dalam Menulis Karya Ilmiah” menyita perhatian Mahasiswa karena kegiatan ini terbuka untuk umum, akan tetapi memang lebih difokuskan untuk mahasiswa FDK khususnya jurusan Jurnalistik semester 6 dan yang sedang melakukan tahap penyusunan skripsi.

Reski Amelia selaku Mahasiswi Jurnalistik UIN mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat membantu mahasiswa untuk menemukan tips dan solusi dalam kepenulisan karya tulis ilmiah.

“Dan yang paling menarik itu menurut saya ada di pemateri ke dua oleh Sri Hadijah yang menjelaskan mengenai metode social network analysis sebagai salah satu metode penelitian dengan cara melihat jaringan sosial dengan media sosial. Ibu hadijah juga memberikan solusi untuk pengajuan judul, masalah yang ingin diangkat diklasifikasikan terlebih dahulu setelah itu baru dipilih salah satunya agar lebih mudah dalam menulis nantinya” kata reski Amelia.

baca juga : Dosen UIN Alauddin Sebut Baznas Enrekang Terbaik di Sulsel

Ditempat yang sama Usfa Mahasiswi semester 6 Jurnalistik mengaku sangat merasa terbantu dengan adanya pelatihan ini.

“Dikarenakan narasumber itu memberikan materi yang sangat santai dan bahannya itu mudah dipahami jika kita memperhatikan apa-apa yang disampaikan narasumber tadi”, ungkapnya.

Dengan terlaksananya kegiatan tersebut, mahasiswa berharap akan ada kegiatan seperti ini setiap tahunnya agar dapat membuka mindset mahasiswa dan membantu dalam penyusunan proposal dengan hasil yang memuaskan.

Penulis : Abdul Rahman