oleh

Wujudkan Kelestarian Lingkungan, Bupati Jeneponto Bersama Forkopimda Tanam Mangrove

JENEPONTO, koranmakassarnews.com — Bupati Jeneponto Iksan Iskandar bersama forkopimda dan personel TNI-Polri mengadakan acara kick-off program penanaman mangrove  yang berlangsung di lingkungan Tarusang, Kelurahan Monro – Monto, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, senin (15/05/2023).

Acara tersebut dilaksanakan secara serentak oleh jajaran TNI di seluruh Indonesia secara virtual dipimpin langsung oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo didampingi Panglima TNI dan Kapolri.

Pada kesempatan itu Iksan Iksakndar mengapresiasi kick off penanaman mangrove karena bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan mempromosikan pentingnya kelestarian lingkungan.

Selain itu menurut Iksan penanaman mangrove juga merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah dalam menjaga keberlanjutan ekosistem pantai dan mengurangi dampak negatif perubahan iklim. Karena Mangrove memiliki peran penting dalam menyediakan habitat bagi berbagai spesies laut, melindungi pantai dari erosi, serta menyerap karbon dioksida dari atmosfer.

Mangrove juga merupakan vegetasi pantai yang memiliki peran penting dalam mempertahankan keseimbangan antara ekosistem laut dan ekosistem darat, sehingga fungsi Mangrove sebagai sabuk hijau yang dapat mengikatkan keduanya.

Dalam acara kick-off tersebut jajaran pemerintah daerah, Forkopimda, TNI dan para peserta lainnya terlihat bersemangat untuk memulai penanaman mangrove sebagai tindakan nyata guna memperbaiki keadaan lingkungan setempat.

Disela-sela kegiatan Bupati Iksan Iskandar menyampaikan kesan apresiatif mengenai pentingnya menjaga kelestarian alam serta kerjasama antara pemerintah TNI, dan masyarakat dalam menghadapi tantangan perubahan iklim.

Keterlibatan TNI yang berperan aktif dalam kegiatan tersebut dengan menyediakan personel, peralatan, dan dukungan logistik untuk memastikan kelancaran kegiatan penanaman mangrove sangat mengispirasi.

baca juga : Bupati Jeneponto Apresiasi dan Nyatakan Komitmennya Percepat Penerapan Kurikulum Merdeka

“Melalui kolaborasi ini antara pemerintah daerah dan TNI, diharapkan upaya penanaman mangrove dapat mencapai hasil maksimal dan memberikan dampak positif bagi lingkungan serta kesejahteraan masyarakat”, ujarnya.

Pada kesempatan itu bupati Iksan turut mengajak Keterlibatan masyarakat setempat untuk dapat memberikan kontribusi nyata dalam menjaga kelestarian dan keindahan alam di wilayah mereka serta mengundang partisipasi dari para sukarelawan dan organisasi lingkungan untuk bergabung dalam upaya kolektif guna membangun lingkungan hidup yang berkelanjutan.

“Melalui kegiatan penanaman pohon Mangrove ini, kita menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar. Sehingga ekosistem alam dapat terpelihara dan tejaga dengan baik agar memberikan manfaat bagi kehidupan hari ini dan generasi selanjutnya”, ucapnya. (*)