oleh

10 Tips Mudah Menaikan Berat Badan Anda

TIPS,koranmakassarnews.com—Memiliki tubuh terlalu kurus tidak selamanya menyenangkan. Bagi beberapa orang menilai mepunyai bentuk tubuh, dibawah berat ideal, merupakan hal memalukan, karena kerap mendapatkan bully dari orang sekitar.

Sebagian orang menganggap seseorang dengan tubuh kurus di nilai kekurangan gizi. Sehingga orang yang bertubuh kurus kurang percayaan diri terhadap lingkungan sosial, bahkan sering kali minder dengan kondisi tubuhnya.

Selain itu, bertubuh kurus juga dapat berdampak pada daya tahan tubuh atau kesehatannya. Oleh diperlukan langkah-langkah, untuk menaikan berat badan, guna memperoleh berat yang ideal.

Berikut 10 tips menaikkan berat badan yang di lansir koranmakassarnews.com dari berbagai sumber, Rabu (08/01/2020).

1. Pilih Makanan Nutrisi Tinggi

jika ingin gemuk, lakukan dengan cara yang tepat, jangan sampai mengorbankan kesehatan. Kamu harus memilah-milah makanan apa saja yang harus kamu makan, misalnya saja seprti makanan bernutrisi tinggi. Seperti buah, sayur, juga kacang-kacangan.

2. Olahraga

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang sangat dianjurkan. Termasuk bagi kamu yang ingin menaikkan berat badan. Pasalnya olahraga secara rutin justru merupakan salah satu cara menggemukkan badan dengan alami. Setelah lelah berolahraga, nafsu makan tentu akan meningkat dan tubuh akan mendapatkan asupan kalori yang lebih banyak.

3. Banyak minum air putih

Kamu bisa memulai minum air putih ketika bangun tidur di pagi hari, siang, sore, hingga malam. Kamu harus mengonsumsi air putih 2 liter perhari. Air putih memang memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh. Air sangat diperlukan untuk pengoperasian berbagai fungsi organ tubuh, termasuk lambung dan usus dalam menyerap nutrisi.

4. Konsumsi susu

Mengonsumsi susu merupakan cara ampuh untuk menaikkan berat badan. Tidak hanya susu murni, kamu bisa mengonsumsi olahannya, seperti yogurt, puding, dan bahkan es krim. Susu juga bisa menjadi penutup ketika usai makan siang.

5. Diwajibkan untuk sarapan

Sarapan terkadang kerap disepelekan orang. Padahal sarapan sangat dianjurkan, karena bisa memberikan energi selama kamu beraktivitas. Bagi kamu yang ingin menaikkan berat badan, jangan pernah melewatkan sarapan. Kamu bisa mengonsumsi telur dadar dengan roti, susu dan sebagainya.

6. Mengonsumsi smoothies atau shake

Mengonsumsi smoothies atau milk shake sangat baik untuk kamu yang ingin menambah berat badan ketimbang mengonsumsi soda, kopi atau minuman lain yang tinggi kalori tetapi rendah kualitas zat gizinya.

Kamu bisa menggunakan susu atau jus buah yang dibekukan sebagai bahan dasar smoothies. Kamu juga bisa menaburkan kacang almond untuk menambah kalori terutama protein.

7. Makan sebelum tidur

Kamu yang ingin menaikkan berat badan, sah-sah saja jika ingin makan sebelum tidur. Saat tidur, tubuh bekerja untuk menyembuhkan dan meregenerasi sel dan jaringan yang rusak, untuk mendukung fungsi yang satu itu, kamu bisa makan sebelum tidur.

Meski demikian, kamu tetap harus memilih makanan sehat untuk dikonsumsi. Sehingga pencernaan tidak mengalami permasalahan.

8. Memperbanyak makan camilan

Meski dianjurkan untuk banyak mengonsumsi camilan, kamu tetap harus memilih camilan yang sehat dan bergizi. Seperti misalnya buah-buahan, sandwich, roti, susu, kacang-kacangan, dan keju.

Hindari camilan tinggi kalori dan tinggi lemak tetapi kurang kualitas zat gizinya seperti misalnya keripik kentang, permen, cokelat, dan lainnya. Kamu bisa mengonsumsi camilan sebelum tidur atau disela-sela sedang mengerjakan sesuatu.

9. Jangan minum sebelum makan

Untuk menghindari rasa kenyang, usahakan untuk tidak minum sebelum makan. Minum terlalu banyak dapat mengurangi nafsu makan. Ada baiknya kamu minum air pada saat makan atau setelah makan.

10. Banyak Makan

Orang kurus biasanya cepat merasa kenyang, oleh karenanya makan sesering mungkin bisa membantu kamu menaikan berat badan.Makan lebih banyak dan sering memang sangat dibutuhkan oleh kamu yang ingin menaikkan berat badan. Kembali lagi, pastikan makanan tersebut sehat dan bergizi. Kamu bisa makan sesering mungkin, dalam sehari bisa lima sampai enam kali, namun dalam porsi yang kecil.