oleh

18 Juli 1974 : Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional Didirikan

koranmakassarnews.com — Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional atau biasa disingkat menjadi Perum Perumnas adalah sebuah badan usaha milik negara Indonesia yang bergerak di bidang pengembangan perumahan. Perusahaan ini telah membangun sekitar 600.000 rumah di lebih dari 150 kota di Indonesia.

Melalui anak usahanya, perusahaan ini juga mengelola sebuah hotel, yakni Hotel Harris Sentraland di Semarang. Untuk mendukung kegiatan bisnisnya, perusahaan ini juga memiliki unit bisnis beton pracetak dan unit bisnis manajemen properti.

baca juga : 18 Juli 1961 : Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Didirikan

Upaya pembangunan rumah layak dengan harga terjangkau telah dimulai oleh Pemerintah Indonesia sejak tahun 1952 dengan pembentukan Jawatan Perumahan Rakyat dan Yayasan Kas Pembangunan (YKP). Hingga tahun 1961, YKP berhasil membangun 12.460 rumah di 12 kota di Indonesia.

baca juga : 17 Juli 1976 : Timor Timur Resmi Menjadi Provinsi ke 27 Indonesia

Pada 18 Juli tahun 1974, Pemerintah Indonesia resmi mendirikan perusahaan ini, serta menunjuk BTN sebagai penyedia kredit pemilikan rumahnya. Perumahan berskala besar yang pernah dibangun oleh perusahaan ini antara lain terletak di Medan Helvetia, Medan; Bukit Kecil, Palembang; Banyumanik, Semarang; Tamalanrea, Makassar; Gayungan, Surabaya; dan Antapani, Bandung. (*)