oleh

Aksi Kolaborasi Pemkab Lutim dan Mahasiswa KKN Tanam 750 Bibit Pohon

LUWU TIMUR, koranmakassarnews.com — Aksi kolaborasi penanaman 750 bibit Pohon, di Bantaran sungai Desa Kalpataru, Kecamatan Tomoni, Kabupaten Luwu Timur, berjalan dengan lancar dan sukses pada, Sabtu (11/11/23).

Penanaman pohon tersebut di inisiasi oleh beberapa lembaga pengiat lingkungan hidup, dan Mahasiswa IAIN Palopo yang tengah melaksanakan KKN di Desa tersebut.

Lukman salah satu pelaksana kegiatan yang juga merupakan Ketua Umum KPA KURPA LUWU TIMUR mengatakan. Manusia Harus Sadar akan Betapa pentingnya Untuk tetap menjaga kelestarian atau ekosistem lingkungan di sekitar mereka.

Pada Tanggal 11 November 2023 dalam rangka memperingati Hari pahlawan nasional kami dari beberapa kelompok atau organisasi pemuda dan mahasiswa, melakukan aksi penanaman pohon di wilayah Aliran sungai Desa kalpataru, kec. Tomoni, kab. Luwu Timur salah satu bukti bahwa kesadaran untuk menjaga kelestarian lingkungan itu masih ada pada jiwa pemuda saat ini.

Tak lupa pula saya ucapkan Terimakasih kepada pihak-pihak yang telah bergabung dalam kegiatan ini yakni Pemeritah kecamatan Tomoni. Pemerintah Desa Kalpataru. Mahasiswa KKN IAIN Palopo. KPA. KURPA Lutim. Karang Taruna Kalpataru dan Baranoa Team.

Catur Dyan Sintawati, Camat Tomoni sangat mengapresiasi gagasan, serta mendukung dan mensupport, kegiatan yang dilakukan oleh organisasi-organisasi pecinta alam, dan lingkungan tersebut.

“Saya, bangga dan mengapresiasi mereka, ada ide seperti ini menanam pohon karena kitakan tau di daerah Sepenjang sungai itu lebih berisiko untuk terkikis air dan bisa menyebabkan banjir,” ujarnya.

baca juga : TKKT V Luwu Timur Tidak Sah dan Melanggar AD ART Karang Taruna, Ketua OKK: Kami Akan Tindak Tegas Oknum Tersebut

“Dengan gagasan ide menanam pohon di sekitaran sungai, saya kira itu gagasan yang sangat bagus, saya kira hal-hal seperti ini selalu kita support”, lanjutnya

Camat Tomoni juga menambahkan agar Kegiatan-kegiatan seperti ini, kiranya terus berlanjut, mengingat banyaknya kelompok pencinta alam dan lingkunga di Kecamatan Tomoni, dan Mangkutana Raya.

“Saya kira adik-adik pencinta alam ini tidak berhenti untuk selalu berkreasi dan berinovasi terkait kelestarian lingkungan,” terangnya.

Camat Tomoni juga berpesan agar pohon-pohon yang di tanam tersebut agar kiranya selalu dijaga, dan dirawat. (Wisnu)