oleh

Bahas IPAL Losari, Dinas PU Bersinergi Bersama PDAM Kota Makassar

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Dinas Pekerjaan Uumu (DPU) Makassar menggandeng Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) guna melancarkan program Pemkot tersebut pengelolaan IPAL Losari. Rapat tersebut digelar ruang rapat Setda Kota Makassar Gedung Balai kota Lantai 9, jl. Ahmad Yani. Senin, 15-8-2022.

Dalam rapat koordinasi terkait kelembagaan Pengelolaan IPAL Losari tersebut dihadiri berbagai Kepala Instasi diantaranya, sekertaris Daerah Kota Makassar, Kepala Dinas PU Kota Makassar, Kepala Balai Sanitasi PPPWI Sulsel, Dirut PDAM Makassar, Kepala Bappeda Bappeda, Kepala Bapenda, KabanbPengelolaan Keuangan dan aset, Kadis DLHK, Kabag Hukum Setda, Akabag Perekonomian Setda, Kabag Ortala, Kabid Prasarana dan Bangunan Pemerintah DPU, Kepala UPT PAL Makassar, Konsultan Supervisi MSMIP serta IUWASH Tangguh Indonesia Timur.

“Tujuan dan Koordinasi ini dilakukan agar koordinasi dalam melaksanakan tugas masing-masing dalam melaksanakan pengerjaan IPAL dapat berjalan sebagaimana mestinya, pemerintahan itu seni, dan tugas kita semua adalah pelayanan publik”, ujar Sekda Kota Makassar, Ir. M.Ansar, M.Si.

Selain itu rapat koordinasi juga ini untuk memperjelas pembagian tugas antara UPT Pengelolaan Air Limbah dan Direksi Air Limbah PDAM. Semoga dalam melaksanakan tugas dalam bersinergi dengan baik. Sementara itu Kadis PU Makasssar, Zuhalsi Zubir  juya sangat mengapresiasi pembagian peran dalam pelaksanaan program IPAL ini.

“Sangat penting pembagian peran dalam mengelola air limbah agar kedepannya bisa berjalan sinergi dan tidak saling tumpang tindih dalam tupoksi.” Jelas Kadis PU.

baca juga : Kadis PU Makassar Sukses Memukau Penonton di Acara Lomba Nyanyi Antar Pejabat Pemkot

Ditempat yang sama, Direktur Air Limbah  Aiman Adnan mengatakan akan terus berkomunikasi dengan stake holder terkait agar faktor pendukung program IPAL dapat terpenuhi.

“Kami akan melakukan koordinasi yang intens dengan UPT PAL Dinas PU Makassar terkhusus terkait data-data pengelolaan air limbah yang kami butuhkan dalam mempersiapkan sumber daya manusia sebagai pendukung pengelolaan air limbah terpusat nantinya.” Katanya.

Dilain tempat, Bersama Awak media, Kepala UPT PAL Dinas PU Makassar Hamka Darwis menjelaskan, Rapat Koordinasi yang dilakukan Dinas PU Kota Makassar bersama sejumlah instansi lainnya sangat penting dilakukan agar kelembagaan Pengelolaan IPAL Losari berjalan sebagaimana mestinnya.

“Sangat penting dalam hal memperjelas kelembagaan pengelolaan IPAL Losari sebagai langkah awal persiapan sumber daya manusia, sarana dan prasarana pendukung pengoperasian IPAL Losari. Apalagi proses sosialisasi IPAL Losari harus intens ke warga masyarakat agar warga bisa menerima dengan baik program nasional ini.” pungkasnya. (*)