oleh

Belajar Kelola Sampah Organik Agar Lebih Bermanfaat, P3E SUMA Kunjungi BS Pelita Harapan

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Sosialisasi dan budidaya Maggot di Makassar kini makin digandrungi lantaran Maggot tersebut merupakan Serangga Pengurai Sampah yang punya manfaat untuk tanaman dan juga pakan ternak.

Salah satunya adalah upaya yang dilakukan Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku (P3E SUMA) yang melakukan kunjungan dan studi Maggot di Bank Sampah Pelita Harapan yang terletak di jln. Pelita Raya Makassar.

Dr. Ir. Darhamsyah, Kepala pusat P3E Sulawesi Maluku KLHK mengatakan, kegiatan ini dilakukan agar bisa seperti instansi lain dalam hal penanganan lingkungan hidup.

“Kami ingin mempelajari siklus dari si maggot itu sendiri, karena nantinya mereka akan mencoba menerapkan pola pengolahan sampah organik dengan metode BSF. Dengan harapan, nanti para staff P3E SUMA ini mampu memahami dan mengelola sampah organik dengan metode BSF dan juga mereka mampu memberikan informasi ini kepada para tamu atau instansi pemerintah tentang pentingnya pengolahan sampah organik (makanan),” paparnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa selama ini masyarakat hanya mengolah limbah sampah plastik (an Organik) padahal keberadaan sampah organik pun dari limbah makanan juga perlu perhatian.

“Karena kita tahu bersama bahwa sampah organik terutama sisa makanan adalah salah satu jenis sampah yang paling mendominasi dari jenis sampah lainnya, sehingga sampah organik berada di persentasi yang paling tinggi dikisaran 60-70 %. Maka dengan angka itu, jelas ini menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama.” terangnya.