oleh

Curah Hujan Meningkat Patroli SAR Batalyon A Pelopor Pantau Lokasi Rawan Banjir

MAKASSAR, koranmakassarnews.com – Intensitas curah hujan di Kota Makassar kembali meningkat, menyikapi hal tersebut Komandan Batalyon A Pelopor AKBP Darminto, S.Sos memerintahkan 2 Unit Tim SAR Batalyon A Pelopor untuk memantau lokasi – lokasi rawan terjadinya banjir di Kota Makassar, Rabu, ( 10/03/2021 ).

Pengecekan lokasi rawan banjir ini merupakan salah satu langkah antisipasi dan juga monitoring serta bentuk kesiapsiagaan tanggap bencana. bencana banjir dengan intensitas curah hujan seperti saat ini.

Kegiatan patroli yang dilaksanakan dengan maksud selain bentuk pelayanan kepada masyarakat dalam bentuk antisipasi bencana juga memberikan rasa aman dan nyaman serta salah satu bagian dari cara mengedukasi warga untuk tetap mau menjaga lingkungan sekitarnya terutama warga masyarakat yang tinggal di daerah sepanjang aliran sungai.

Dalam patroli kali ini, Tim Patroli dibagi menjadi 2 Tim yaitu 1 Tim dengan mengendarai kendaraan roda dua dipimpinan Bripka Abd. Halim dan 1 Tim dibawah pimpinan Ipda Syafruddin dengan menggunakan kendaraan khusus SAR lengkap dengan perahu karet yang dimiliki Batalyon A Pelopor.

Adapun lokasi yang disambangi Tim Patroli ini antara lain Jalan Urip Sumoharjo tepatnya depan Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Perumahan Nipa – Nipa Antang, Kecamatan Borong, perbatasan Makassar Maros, Kecamatan Pattene Kab. Maros dan Kecamatan Marusu Kab. Maros.

Selain pengecekan dan pemantauan debit air, Tim Patroli SAR Brimob Batalyon A Pelopor juga membantu masyarakat dan pengguna jalan untuk melintasi banjir dengan membantu membawakan barang bawaan serta membantu mendorong kendaraan yang mogok akibat banjir.

baca juga : Brimob Batalyon A Pelopor Kawal Distribusi Vaksin Sinovac ke Tiga Wilayah di Sulsel

Selalu itu tim patroli ini juga menghimbau kepada warga masyarakat untuk selalu waspada dengan segala potensi bencana yang bisa saja terjadi saat musim penghujan seperti sekarang ini, karena yang namanya bencana alam tidak bisa prediksi dan pastikan kapan terjadinya.

“Menindaklanjuti perintah Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muhammad Anis. PS, S.I.K., M.Si maka dari itu Tim Patroli SAR Batalyon A Pelopor digerakkan untuk memantau dan mendata lokasi – lokasi yang rawan terjadinya banjir pada saat musim hujan,hal ini sebagai respon cepat anggota Brimob sebagai bentuk kesiapsiagaan satuan dalam rangka tanggap bencana alam di wilayah Kota Makassar agar setiap warga masyarakat bisa merasa aman dan nyaman serta wujud bhakti brimob untuk masyarakat”, tutur Darminto.

Darminto menambahkan selain tim yang melaksanakan Patroli, Batalyon A Pelopor juga telah menyiapkan personel yang melaksanakan Stand by On Call yang kapan saja siap untuk digerakkan kapanpun dan dimanapun. (*)