oleh

Denny JA: Akhir Dominasi PDIP di 2024

-๐ŸŽ๐ŸŽ๐ŸŽ-

๐—•๐—ฎ๐—ด๐—ถ๐—ฎ๐—ป ๐Ÿญ : ๐—˜๐—น๐—ฒ๐—ธ๐˜๐—ฎ๐—ฏ๐—ถ๐—น๐—ถ๐˜๐—ฎ๐˜€ ๐—ฃ๐—ฎ๐—ฟ๐˜๐—ฎ๐—ถ ๐—ฃ๐—ผ๐—น๐—ถ๐˜๐—ถ๐—ธ

Pertama kali sejak Pileg 2014, PDIP terlampaui oleh Gerindra. Gerindra berada di posisi pertama di peta elektabilitas partai. Elektabilitas Gerindra sebesar 19.5%. Di posisi kedua ada PDIP dengan elektabilitas sebesar 19.3%. Di posisi ketiga ada Partai Golkar dengan elektabilitas 11.6%.

PKB ada di posisi setelahnya dengan elektabilitas sebesar 7.7%. Selanjutnya ada PKS dengan elektabilitas 7.3%. Partai Nasdem berada di bawah PKS dengan elektabilitas sebesar 5.8%.

Posisi selanjutnya adalah Partai Demokrat dengan elektabilitas sebesar 3.6%, kemudian PAN dengan elektabilitas 3.3%, dan PPP dengan elektabilitas 2.9%.

Partai-partai lain elektabilitasnya di bawah 2 %. Suara yang belum memutuskan sebesar 14.7%.

Di bulan Januari 2023, PDIP masih kokoh di elektabilitas tertinggi. Begitu pula Mei sampai Oktober 2023, PDIP masih partai dengan elektabilitas tertinggi.

Namun di November 2023, PDIP terlampaui Gerindra.

PDIP juara di pemilu 2014 dengan 18.95%. Begitu pula di 2019, PDIP juara dengan 19.33%. Namun untuk 2024 nanti, survei November akhir (dua bulan sebelum Pileg 2024) posisi PDIP tak lagi juara.

-๐ŸŽ๐ŸŽ๐ŸŽ-

๐—•๐—ฎ๐—ด๐—ถ๐—ฎ๐—ป ๐Ÿฎ : ๐——๐—ถ๐˜€๐˜๐—ฟ๐—ถ๐—ฏ๐˜‚๐˜€๐—ถ ๐—Ÿ๐—ถ๐—บ๐—ฎ ๐—ฃ๐—ฎ๐—ฟ๐˜๐—ฎ๐—ถ ๐—ง๐—ฒ๐—ฟ๐—ฏ๐—ฒ๐˜€๐—ฎ๐—ฟ ๐—ฑ๐—ถ ๐—•๐—ฒ๐—ฟ๐—ฏ๐—ฎ๐—ด๐—ฎ๐—ถ ๐—ฆ๐—ฒ๐—ด๐—บ๐—ฒ๐—ป ๐—ฃ๐—ฒ๐—บ๐—ถ๐—น๐—ถ๐—ต

Lima partai terbesar elektabilitasnya saat ini adalah Gerindra, PDIP, Golkar, PKB, dan PKS.

๐—”. ๐——๐—ฎ๐—ฟ๐—ถ ๐—ธ๐—ฎ๐˜๐—ฒ๐—ด๐—ผ๐—ฟ๐—ถ ๐—ฒ๐—ธ๐—ผ๐—ป๐—ผ๐—บ๐—ถ

Di kalangan wong cilik (pendapatan dibawah Rp 2 juta per bulan), PDIP dibayangi Gerindra. PDIP masih unggul dengan elektabilitas 21.4%. Gerindra berada di posisi kedua dengan elektabilitas 18.5%.

Di segmen ekonomi dengan pendapatan Rp 2 – 4 juta per bulan, Gerindra paling unggul dengan elektabilitas 22.6%. Di posisi kedua di segmen ini ada PDIP dengan 17.6%.

Di segmen ekonomi dengan pendapatan Rp 4 juta ke atas, Gerindra dan PDIP dalam posisi yang imbang dengan elektabilitas yang sama di angka 15.9%.