oleh

Denny JA: Prabowo Gibran di Ambang Menang Satu Putaran Saja

koranmakassarnews.com —ย Tiga Temuan Utama:

1. Pertama kali elektabilitas Prabowo- Gibran menembus 50%

2. Kerasnya kritik atas Jokowi, tapi tingkat kepuasan publik pada Jokowi masih sangat tinggi: 80.8%

3. Sebanyak 84% pemilih ingin pilpres berakhir satu putaran baik untuk kemenangan Anies, Prabowo atau Ganjar

-000-

Akankah Pilpres 2024 ini menyerupai Pilpres 2009: berakhir hanya satu putaran saja? Dua minggu menjelang hari pencoblosan, pertama kali elektabilitas Prabowo-Gibran melampaui ๐˜ต๐˜ฉ๐˜ฆ ๐˜ฎ๐˜ข๐˜จ๐˜ช๐˜ค ๐˜ฏ๐˜ถ๐˜ฎ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ >50%.

Jika Prabowo-Gibran berhasil mempertahankan tren positifnya, Pilpres 2024 semakin terbuka selesai satu putaran karena dengan ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ณ๐˜จ๐˜ช๐˜ฏ ๐˜ฐ๐˜ง ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ณ (ME, plus minus), Prabowo-Gibran kini di angka 47.8% (minus ME) sampai dengan 53.6% (Plus ME).

Pasangan Anies-Muhaimin dan pasangan Ganjar-Mahfud saling mengalahkan dalam lima surnas terakhir, tapi tetap dengan selisih ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ณ๐˜จ๐˜ช๐˜ฏ ๐˜ฐ๐˜ง ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ณ.

Demikian temuan dari hasil riset terbaru LSI Denny JA kali ini.

LSI Denny JA melakukan survei tatap muka (face-to-face interview) dengan menggunakan kuesioner kepada 1200 responden di seluruh Indonesia. Dengan 1200 responden, ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ณ๐˜จ๐˜ช๐˜ฏ ๐˜ฐ๐˜ง ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ณ survei ini sebesar 2.9%.

Survei dilakukan pada tanggal 16-26 Januari 2024.

Selain survei dengan metode kuantitatif, LSI Denny JA juga memperkaya informasi dan analisa dengan metode kualitatif, seperti analisis media, in-depth interview, expert judgement dan focus group discussion.

baca juga :ย Denny JA: 84 Persen Pemilih Ingin Pilpres Satu Putaran Saja

-๐ŸŽ๐ŸŽ๐ŸŽ-

๐๐š๐ ๐ข๐š๐ง ๐Ÿ : ๐„๐ฅ๐ž๐ค๐ญ๐š๐›๐ข๐ฅ๐ข๐ญ๐š๐ฌ ๐Ÿ‘ ๐๐š๐ฌ๐š๐ง๐  ๐‚๐š๐ฉ๐ซ๐ž๐ฌ

๐Ÿญ๐—”. ๐—ฃ๐—ฒ๐—ฟ๐˜๐—ฎ๐—บ๐—ฎ ๐—ธ๐—ฎ๐—น๐—ถ ๐—ฃ๐—ฟ๐—ฎ๐—ฏ๐—ผ๐˜„๐—ผ-๐—š๐—ถ๐—ฏ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป ๐˜๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐˜‚๐˜€ ๐˜๐—ต๐—ฒ ๐—บ๐—ฎ๐—ด๐—ถ๐—ฐ ๐—ป๐˜‚๐—บ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ (๐—น๐—ฒ๐—ฏ๐—ถ๐—ต ๐—ฑ๐—ฎ๐—ฟ๐—ถ ๐Ÿฑ๐Ÿฌ ๐—ฝ๐—ฒ๐—ฟ๐˜€๐—ฒ๐—ป)

Hasil survei simulasi kertas suara Pemilu Pilpres akhir Januari 2024, Prabowoโ€“Gibran berada di posisi teratas dengan elektabilitas sebesar 50.7%. Posisi kedua Anies-Muhaimin dengan elektabilitas 22.0%. Posisi ketiga Ganjar-Mahfud dengan elektabilitas sebesar 19.7%. Sebesar 6.9% menyatakan belum memutuskan/rahasia/tidak tahu/tidak jawab. Adapun suara tidak sah sebesar 0.7%.

Dilihat secara tren, elektabilitas Prabowoโ€“Gibran terus naik.

Di survei Akhir Desember 2023, elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 43.3%. Survei Awal Januari 2024 terjadi kenaikan menjadi 46.6%. Saat ini di akhir Januari elektabilitas Prabowo-Gibran terus naik menjadi 50.7%.

๐Ÿญ๐—•. ๐—ฃ๐—ฟ๐—ฎ๐—ฏ๐—ผ๐˜„๐—ผ-๐—š๐—ถ๐—ฏ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐—ถ ๐—ฎ๐—บ๐—ฏ๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐˜€๐—ฎ๐˜๐˜‚ ๐—ฝ๐˜‚๐˜๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป ๐˜€๐—ฎ๐—ท๐—ฎ.

Saat ini di survei akhir Januari 2024, elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 50.7%. Jika kita rentangkan titik pesimis (perolehan dikurangi margin of error), elektabilitas Prabowo-Gibran adalah 47.8%. Jika kita rentangkan titik optimis (perolehan ditambah margin or error) maka elektabilitas Prabowo-Gibran adalah 53.6%.

Saat ini tersisa dua minggu menjelang pemilihan. Jika berhasil mempertahankan tren yang di dapat, maka Prabowo-Gibran di ambang menang satu putaran saja.