oleh

Dinas PU Makassar Kaji Perencanaan Pembangunan Toilet Pada Konter

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Keberadaan toilet pada Kontainer Terpadu (Konter) yang ada di Kota Makassar sangatlah penting dan dibutuhkan sebagai salah satu penunjang di pusat pelayanan terpadu tersebut.

Untuk itu Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar kini tengah mengkaji Rencana Anggaran Biaya (RAB) desain dan perencanaan pembangunan toilet.

“Kami telah melakukan survei ke 123 titik Konter yang ada di Kota Makassar untuk dibuatkan perencanaan pembangunan toilet dan hasil perencanaan itu kami serahkan ke kecamatan, lalu kecamatan yang mengusulkan anggarannya,” ujar PPID Dinas PU Makassar, Hamka Darwis, Selasa (11/7/23).

PPID Dinas PU Makassar, Hamka Darwis

Hamka menyebut rencana pembangunan toilet ini tidak akan dibangun di seluruh Konter. Pasalnya dibeberapa Konter, berada didekat Kantor Lurah yang notabene memiliki fasilitas toilet di kantor tersebut. Sehingga, pembangunan toilet untuk konter tidak diperlukan.

“Sementara dikaji, jadi tergantung posisi konternya, nantinya posisi toilet ini sedekat mungkin dengan letak Konter. Dengan desain toilet memiliki satu unit jamban dan satu unit wastafel didalamnya berukuran 2×1,5 meter, yang tentunya, kata dia, toilet itu memiliki septitank yang ramah lingkungan dan harus memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI), Pak Sekda menginginkan posisi prototipe saja,” terang Hamka.

baca juga : Dinas PU Kolaborasi Dengan Dinas Kesehatan Kota Makassar Tingkatkan Kualitas Sanitasi

Diketahui, Pemerintah Kota Makassar segera melengkapi Kontainer Terpadu (Konter) Makassar yang tersebar di 143 kelurahan dengan sejumlah fasilitas pelengkap sebagai pendukung pelaksanaan program pelayanan publik.

Di antaranya, fasilitas pendingin ruangan (AC), daya listrik yang memadai serta pengadaan toilet. (*)