oleh

Dorong Pengembangan Ekonomi, Pj Gubernur Sulsel Tebar Benih Ikan di Wajo

WAJO, koranmakassarnews.com — Sebagai bentuk konsistensi dalam pelaksanaan program prioritas ketahanan pangan sekaligus mencegah kemiskinan ekstrem, Pj. Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin melakukan penebaran benih ikan.

Sebanyak 300 ribu benih ikan Nila dan ikan Mas ditebar Bahtiar Baharuddin didampingi Pj. Bupati Wajo, Andi Bataralifu di dua lokasi berbeda yakni Bendungan Kalola, Kecamatan Maniangpajo dan Bendungan Paselloreng Kecamatan Gilireng, Selasa (2/4/2024).

Menurutnya, penebaran benih ikan ini dimaksudkan sebagai upaya mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

” Kita ingin daerah-daerah yang dapat dihidupi ikan untuk ditebar benih, seperti sungai, danau dan bendungan. Ini program saya di sektor perikanan agar potensi ini bernilai ekonomi sekaligus menjadi sumber pemenuhan gizi masyarakat, “ujar Bahtiar.

agar dapat bernilai ekonomi sekaligus memenuhi kebutuhan protein masyarakat, ” ujar Bahtiar.

Masih menurut Bahtiar, yang menjadi tantangan kita adalah ke depan adalah tingginya inflasi, kemiskinan ekstrim, dan tingginya angka stunting.

Ia meminta pemerintah Kabupaten Wajo untuk memikirkan agar memanfaatkan potensi yang ada berupa aliran sungai, danau dan bendungan di daerah ini untuk pengembangan perikanan air tawar.

“Seperti ini, bendungan-bendungan besar ini airnya jangan hanya dimanfaatkan untuk mengairi lahan-lahan persawahan, tetapi dikembangkan potensinya untuk perikanan air tawar. Bahkan kalau bisa dikembangkan menjadi kawasan wisata, ” katanya.

baca juga : PAD Wajo Capai 95,05 Persen, Bataralifu : Jadikan Motivasi Untuk Tingkatan Kinerja

Sementara itu, Pj.Bupati Wajo Andi Bataralifu mengatakan apa yang dicanangkan Pj. Gubernur di kabupaten Wajo ini akan kita tindaklanjuti, tentunya dengan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Seperti pemanfaatan Bendungan untuk potensi perikanan tentunya harus mendapatkan izin dari Kementerian PUPR karena pengelolaan Bendungan tidak menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten.

“Tentu ini menjadi perhatian buat kita semua dalam mengembangkan, dan coba mengonsolidasikan agar bernilai ekonomi dan bermanfaat secara umum bagi masyarakat,” kata Bataralifu

Pada kesempatan ini, di kawasan Bendungan Kalola, Kecamatan Maniangpajo, Pj. Gubernur Sulsel didampingi Pj. Bupati Wajo Andi Bataralifu melakukan penanaman pohon sukun. (*)