oleh

FIKP UNHAS Gelar Workshop Publikasi Internasional

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Berdasarkan Peraturan Rektor Universitas Hasanuddin No. 7243/UN4.1/KEP/2022, salah satu syarat ujian mahasiswa Pascasarjana Universitas Hasanuddin yaitu menerbitkan paper pada Jurnal/prosiding yang terindeks Scopus/WoS. Hal ini menjadi “challenge” bagi mahasiswa Pascasarjana Unhas selain pembuatan tesis/disertasi. Menerbitkan paper atau artikel ilmiah pada jurnal yang terindex Scopus bukanlah hal yang mudah.

Apalagi bagi mahasiswa yang baru memulai dalam dunia penelitian dan penulisan. Untuk dapat diterbitkan pada jurnal bereputasi yang terindeks Scopus, paper yang ditulis tentunya harus berkualitas. Publication Management Unit (PMU) hadir di setiap fakultas sebagai wadah untuk membantu civitas akademika untuk mempercepat penyelesaian studi melalui publikasi.

PMU FIKP UNHAS menyelenggarakan Pelatihan Publikasi Jurnal Internasional pada Senin (19/06). Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa FIKP saja namun mahasiswa dari fakultas bahkan universitas luar seperti Universiti Malaysia Terengganu dan Universiti Teknologi Mara Serawak juga ikut serta pada kegiatan ini.

Kegiatan ini juga diikuti oleh para peneliti hingga para dosen dan secara resmi dibuka oleh Dekan FIKP Unhas, Safruddin, S.Pi., MP., Ph.D. dalam sambutannya menyampaikan bahwa publikasi di Jurnal Internasional menjadi faktor penting dalam dunia Ilmu dan mendukung capaian universitas sebagai world class university.

baca juga : PD IWO Sidrap Undang Wartawan ke Workshop Jurnalistik Digital Bangun Jaringan Profesional di Era 4.0

Dalam kesempatan yang sama, ketua PMU FIKP Unhas, Dr.Ir. Khusnul Yaqin, M.Sc menyampaikan bahwa pelatihan ini membantu mahasiswa dalam penyelesaian studinya yang dipersyaratkan adanya publikasi makalah ilmiah di Jurnal Internasional Bereputasi

Lebih lanjut Dr. Ir. Khusnul Yaqin, M.Sc menjelaskan tujuan kegiatan pelatihan ini untuk mencapai target FIKP dalam mempublikasi 160 makalah ilmiah di Jurnal Internasional Bereputasi

Kegiatan Pelatihan Publikasi Jurnal Internasional berlangsung di ruang sidang Lt. 2 FIKP Unhas pukul 10.00. Pelatihan ini dibawakan oleh Kepala Pusat manajemen publikasi Unhas, Prof. Dr. Dahlang T., S.Si., M.Si. yang dipandu oleh Dr.Ir. Khusnul Yaqin, M.Sc sebagai moderator.

Kegiatan berlangsung secara lancar dengan diikuti oleh 84 peserta. Salah satu peserta Achdiat dari Universiti Malaysia Terengganu menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat karena adanya tips dan trik dalam penulisan dan publikasi. Harapannya semoga kegiatan seperti ini dapat dilakukan kembali untuk memberikan pendampingan kepada mahasiswa dalam hal publikasi. (*)