oleh

Hujan Tak Kunjung Reda, Tim BTB Baznas Enrekang ke Lokasi Evakuasi Warga yang Panik

ENREKANG, koranmakassarnews.com – Intensitas curah hujan yang tinggi dan lama mengguyur wilayah Kabupaten Enrekang yang mengakibatkan banjir, longsor, dan tergenang air dibeberapa ruas kota Enrekang, salah satunya di perumahan Al-Mubarok Kukku, minggu (09/10/2022).

Akibat tingginya debit air, memicu warga perumahan Al-Mubarok Kukku mulai dilanda kepanikan. Terlihat juga, beberapa ruas sungai airnya sudah mulai naik hingga mengairi jalan-jalan setapak perumahan.

Kepanikan juga mulai terjadi setelah ada pemberitahuan melalui toa masjid untuk segera mengosongkan perumahan, apalagi sudah ada 3 rumah yang terendam air setinggi 80 sentimeter diluar perumahan itu.

Mendengar kabar itu, tim BTB Baznas Enrekang bersama Pramuka, yang datang lebih awal segera ke lokasi (red-perumahan) dengan membawa alat pertolongan seperti perahu karet dan lain-lain.

Dengan berpakaian lengkap tim BTB dan Pramuka lalu membentangkan tali khusus yang kemudian diikat, sebagai antisipasi untuk memudahkan evakuasi.

baca juga : Bupati MB Lepas 1000 Goweser Enrekang Cross Country, Ada IAS dan IDP

Selang beberapa jam dilokasi itu, air mulai surut kemudian tim BTB dan Pramuka kembali ke basecamp masing-masing untuk melakukan pendataan.

Salah satu koordinator Pramuka “sapaan Icca, mengatakan 1x24jam kami selalu siap siaga melaksanan tugas dengan sukarela, demi kemanusiaan, “ujarnya. (ZF)