oleh

Kampung Opang Pinrang, Rasakan Qurban Pertamakali sejak 20 tahun

PINRANG, koranmakassarnews.com — Di hari raya Iduladha 1442 H, Global Qurban (GQ) – Aksi Cepat Tanggap (ACT) tebar manfaat bagi syiar Islam di kampung Muallaf pelosok Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan lewat Qurban dari Sahabat Dermawan, Jum’at (23/7/2021) kemarin.

Siapa yang menyangka di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan terdapat perkampungan dimana dihuni oleh sekolompok masyarakat yang berlatarbelakang keagamaan bersatus muallaf (masuk Islam). Kampung tersebut bernama Opang yang berada tepat di Dusun Batusura Desa Lembang Mesakada Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang, Provinsi Sulawesi Selatan.

Warga Pinrang dapat daging qurban dari ACT

Kondisi geografis kampung Opang yang berada sejauh 1350 meter diatas permukaan laut dengan kondisi jalan bebatuan dan tanah yang licin, untuk sampai disana tim Global Qurban – ACT harus menempuh perjalanan kurang lebih 4 jam dari pusat kota Kabupaten Pinrang dengan menggunakan kendaraan roda dua.

Hari tasyrik ketiga dalam perayaan hari raya Iduladha tahun ini, Firman dari tim Global Qurban-ACT Sulsel menceritakan pengalamannya setelah melakukan pendistribusian hewan Qurban tentang kondisi masyarakat yang tinggal di Kampung Opang.

“Alhamdulillah hari ini, tepatnya hari tasyrik ketiga kami dari tim Global Qurban-ACT menghadirkan hewan Qurban sebanyak 1 ekor Sapi di Kampung Opang ini, salah satu kampung muallaf di Kabupaten Pinrang yang berada di pegunungan,”cerita Firman.

Hadirkan hewan Qurban pertama kalinya, tentunya merupakan bentuk rasa syukur bagi masyarakat kampung Opang dalam perayaan hari raya Iduladha tahun ini.

Bapak Ambe Turu selaku pemangku adat di Opang mengatakan sudah 20 tahun lamanya sejak perkampungan tersebut didirikan, baru kali ini bisa merasakan qurban.

“Semoga dengan hadirnya Qurban ini bisa bermanfaat bukan hanya sekedar memenuhi kebutuhan pangan berupa daging, akan tetapi besar harapan kami kegiatan ini dapat menumbuhkan serta menguatkan akidah saudara-saudara kita di Kampung Opang ini”, tambah Firman.

baca juga : Daerah di Tana Toraja Ini, Jauh Diatas Bukit, Sekian Lama Tak Nikmati Daging Qurban

Sebanyak 51 Kepala Keluarga yang tinggal di sana dengan keseharian mereka bekerja sebagai petani Kopi, namun penghasilan dan kondisi ekonomi warganya yang masih sangat kecil sehingga masih tergolong prasejahtera.

Melalui momentum hari raya qurban, bersama Global Qurban-ACT. Masyarakat kampung Opang Kabupaten Pinrang mengucapkan terima kasih kepada Sahabat Dermawan Global Qurban-ACT yang telah menunaikan Qurbannya untuk masyarakat yang tinggal disana.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak atas disembelihnya hewan Qurban di kampung kami ini dimana pertama kalinya kami disini merasakan nikmatnya daging Qurban, semoga ini menjadi pembuka untuk kebaikan-kebaikan lainnya sehingga Kampung Muallaf Opang ini bisa berkembang dengan baik dari segi ekonomi maupun dalam pendidikan agama”, Ungkapan rasa terima kasih dan rasa syukur dari Ambe Turu selaku pemangku adat Kampung Opang. (*)