oleh

Kapolres Bersama Forkopimda Sidrap Cek Lokasi Tambang Galian C di Bila Riase

SIDRAP, koranmakassarnews.com — Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah,SIK bersama Bupati Ir. H. Dollah Mando dan Unsur Forkopimda lainnya turun langsung melakukan pengecekan tambang Galian C yang ada di wilayah Desa Bila Riase, Kec. Dua Pitue dan Pitu Riase. Rabu (2/8/2023).

Adapun lokasi tambang galian C yang ditinjau oleh Bupati bersama Kapolres dan Forkopimda lainnya adalah UD. Sinta Pratama milik H. Rahmad Ali, Cv Bil Boy Abadi 775 Milik Hj. Sumarni, CV. Egha milik H. Ucu, CV. Kalidong’e milik Ramli Lancone, PT. Emas Patimangi milik Andi Huduri Alias Andi Ateng, CV. Usaha Tani milik Wa Kambe.

Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah,SIK mengatakan bahwa, pengecekan lokasi tambang galian C dilakukan karena disinyalir terjadi kerusakan lingkungan sebagaimana yang disuarakan oleh Andi Tenri Siangka Alias Andi Kengkeng bersama aktris Walhi.

“Kehadiran Polres Sidrap ke Lokasi pengecekan Galian C untuk memberikan Pengamanan agar pengecekan yang dilakukan tidak ada hambatan maupun gangguan Kamtibmas lainnya”, Ujar Kapolres Sidrap.

Untuk di ketahui, Pada peninjauan lokasi tambang galian C, Bupati Sidrap Ir. H. Dollah memberikan kesempatan kepada para pemilik tambang galian C sampai batas akhir ijin para penambang bulan Agustus 2023 untuk melakukan aktivitas pertambangan dan akan menyurat ke dinas pertambangan Provinsi Sulzel untuk dilakukan evaluasi serta turun kelokasi untuk melakukan peninjauan kembali.

Pada saat pengecekan dilokasi tambang galian C, Forkopimda menemukan aktivitas pertambangan tidak sesuai dengan titik koordinat yang dikeluarkan oleh dinas pertambangan Provinsi Sul-Sel.

baca juga : Kapolres Sidrap Pimpin Kenaikan Pangkat Pangabdian Kabag SDM Dari Kompol ke AKBP

Atas temuan tersebut, Bupati Sidrap meminta kepada instansi terkait untuk melakukan koordinasi dengan dinas provinsi untuk melakukan evaluasi.

Turut hadir dalam pengecekan galian C, Dandim 1420/Sidrap Dandim 1420 Sidrap Letkol Inf Andika Ari Prihantoro, SE., M.I.Pol, Kepala kejaksaan Negri Sidrap Hasnadira.SH.M.H, Ketua Pengadilan Negeri sidrap Jumadi Ahmad S.H.M.H, Sekda kab. Sidrap Dr. Ns. H. Basra, S.Kep., M.Kes, Dinas pertambangan provinsi Jalaluddin DG. Pasang, PLT Kepala Dinas PSDA kab.sidrap Asisten ll Siara Barang S.H M.Si, Kepala Sat pol PP dan Damkar kab Sidrap Usman.S.Sos.

Kadis lingkungan hidup Andi Paisal Ranggong, Camat kec. Pitu riase Andi Mukti Ali SE,M.Adm.Pem, Kasat Reskrim AKP. Muhalis,SH.,MH, Kasat Intelkam IPTU Suhardi, SH, Kapolsek Dua Pitue IPTU. Bahri, Kapolsek Pitu Riase IPDA Mangopo Mansur, SH, Danramil 1420-05 Dua Pitue LETTU Ratno. S.Sos, Kades Bila Riase Sirajuddin, SE. (**/Wisnu)