oleh

Kasatpol PP Kota Makassar Akan Beri Sanksi Tegas Kepada Anggotanya Jika Lakukan Pungli Parkir Anjungan Pantai Losari

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Maraknya pungli (pungutan liar) dengan modus jasa parkir didalam area Anjungan Pantai Losari Makassar makin meresahkan para pengunjung padahal diketahui area tersebut bebas parkir alias gratis. Hal tersebut terungkap dari hasil investigas yang dilakukan LSM Perak.

Menurut Koord. Divisi Hukum dan Pengawasan LSM Perak, Burhanuddin Salewangang jasa parkir liar itu terus berlangsung karena diduga ada pembiaran dari Pemerintah Kota Makassar dan menduga kuat pihak Satpol PP terlibat dalam pungutan liar tersebut.

“Jelas sekali indikasi dugaan itu, pungli parkir liar di area tersebut tidak dibenarkan dan tidak diakui oleh PD Parkir, UPTD Pantai Losari dan Camat. Namun anehnya, aktivitas kegiatan parkir liar tersebut terus berlangsung dan jukir terlihat sangat nyaman nongkrongbareng dengan oknum Satpol PP yang kami dapati di lapangan. Jadi kami menduga kuat Satpol PP terlibat bahkan bisa terduga sebagai pelaku atau otak penggeraknya adalah pimpinannya yakni Kasat Pol PP Kota Makassar,” ungkap Burhan Salewangang, Minggu malam (11/6/23).

Burhan juga menegaskan akan melakukan pengaduan dan pelaporan segera ke Polrestabes Makassar bahkan sampai ke ke Polda Sulsel.

“Ada yang tidak beres ini dalam tata pemerintahan kita, sudah jelas mereka sendiri akui itu parkir liar dan ilegal tapi tidak ditindaki malah dibiarkan. Jadi memang butuh aksi pelaporan dulu,” tambahnya.

Satpol PP Makassar yang bertugas di Anjungan Pantai Losari

Sebelumnya, pihak PD Parkir Makassar Raya dengan tegas membantah adanya pungutan parkir di dalam area Anjungan Pantai Losari yang dilakukan oleh pihaknya.

Direktur Umum PD Parkir Makassar Raya, Rizal Asjahad Rahman saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu membeberkan ke media mengatakan, PD Parkir Makassar Raya menegaskan bahwa di dalam area anjungan Pantai Losari itu gratis parkir karena urusan perparkiran semua berada di bawah kendali PD Parkir dan tidak mengetahui keberadaan jukir di area Anjungan Pantai Losari.

Sedangkan, Kepala UPTD Pantai Losari, Andi Nurul Salsabila Sultan Pawi saat dikonfirmasi juga tidak mengakui jukir-jukir liar yang ada di wilayah kerjanya.

baca juga : Viral Aksi Pemalakan Modus Parkir, Respon Cepat Polres Pelabuhan Makassar Amankan Para Pelaku

“Saya hanya tahunya jasa penitipan helm dan tidak ada biaya jasa parkir disana. Jadi kalau ada berarti jukir liar,” terang wanita yang juga akrab disapa Yeyen ini kepada awak media beberapa waktu lalu.

Yeyen juga mengakui telah mendapatkan pengaduan jika jukir jukir liar tersebut malah memakai ID Card yang tidak tahu dapat darimana.

“Kami juga sudah pernah laporkan itu dan intinya tidak ada jasa parkir di dalam area anjungan Pantai Losari,” jelasnya.